Dandim 1201/ Mph Letkol INF. Daru Cahyo Alam Ajak Hidup Sehat Melalui GERMAS

Dalam Rangka HUT TNI Ke 77, di Gelar “GERMAS”di Halaman Koramil Jongkat

 

Germas

JONGKAT, MEMPAWAH – postkotapontianak.com : Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) , yang di ikuti sekitar 300 orang berlangsung di Halaman Koramil Jongkat ( Jalan Raya Jongkat ) Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah, Rabu ( 28 / 9 / 2022 ).

Adapun kegiatan GERMAS yang di gelar, seperti Senam Bersama, Makan buah bersama, Pembacaa komitmen Bersama masyarakat dan Tanda Tangan, Pertanyaan berhadiah, Pembagian santunan, Pemeriksaan Kesehatan, Game Germas, Sunatan Massal, Donor Darah ( PMI Kabupaten), Pelayanan KB, Vaksinasi Covid-19 serta Sesi Foto bersama.

Germas Koramil Jongkat

Assalamualaikum Wr.wb Alhamdulillah pagi hari ini kita semua dapat berkumpul disini ,
sholawat dan salam selalu kita di panjatkan kepada Baginda Rasulullah SAW, Semoga kita semua yang hadir pada hari ini selalu diberi kesehatan,kemudahan dan kelancaran.Amin, kata Dandim 1201/ Mph, Letkol INF. Daru Cahyo Alam mengawali sambutannya.

Lanjutnya, di mana rangkaian kegiatannya yaitu senam pagi kemudian ada juga di lanjutkan dengan kegiatan sunnatan massal kemudian ada juga santunan-santunan kepada anak yatim dan yang kurang mampu serta pengobatan dan kegiatan lainnya.

” Saya harapkan untuk masyarakat khususnya di Kecamatan Jongkat. Kita benar-benar bisa hidup sehat tidak hanya saat ini saja ataupun pas diadakannya kegiatan Germas,” ucap Dandim Mempawah Letkol Inf Daru Cahyo Alam.

Menurut Dandim , untuk menjaga kesehatan bisa saja kita berolah raga dirumah atau diluar rumah. Kita terus menjaga kesehatan badan agar tetap fit, sehat dan segar bugar.ini yang lakukan buat kita semua bukan buat orang lain, oleh karena itu kita harus menjaga hidup sehat contohnya yang kita laksanakan sekarang ini apa saja yaitu berolah raga pagi dengan mengikuti senam pagi dan menjaga pola makan yang cukup.

Jaganlah kita selalu berpatokan dengan dokter apabila sakit baru mau berobat dan mengandalkan rumah sakit, tapi juga harus mempunyai kesadaran diri sendiri untuk menjaga kesehatan keluarga kita,ujarnya.

” Saya ucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Semua yang terlibat kegiatan hari ini sehingga bisa terlaksana kegiatan dengan baik dan tentunya dan kegiatan ini juga ada diadakan Germas dalam Rangka hari ulang tahun TNI yang ke 77 dan nantinya juga kita akan mengadakan perlombaan voly ball, tepatnya di halaman Koramil ini,” jelas Dandim.

Germas gelar santunan

Selain itu perlu diketahui bebernya, banyak akan melaksanakan kegiatan Dalam HUT TNI ini yaitu salah satunya germas ada juga di wilayah yang lain yang akan dilaksanakan kegiatan bersepeda kemudian berbagai macam dengan rangkaian kegiatan ini kami minta doanya juga dalam rangka HUT TNI yang ke 77.

Kalau dari Kodam XII/Tpr pada intinya kita akan melaksanakan di daerah Entikong tepatnya nanti di tanggal 5 Oktober kita akan melaksanakan pusatnya nanti di sana itu sebagai informasi dari saya.

Kegiatan Germas ini merupakan kegiatan yang sangat baik sekali untuk kita. Dimana kegiatan tersebut kata Letkol Inf Dari Cahyo Alam, merupakan kegiatan mengajak kita untuk sehat dan program ini merupakan program dari Kabupaten Mempawah dengan motto ” Cerdas, Mandiri dan Terdepan”.

Dimana kegiatan Germas sering selalu menyampaikan kepada masyarakat yang ada di kab.Mempawah ini agar selalu ikut dan aktif dalam suatu kegiatan maupun aktifitas yang bermanfaat bagi tubuh kita.

” Kita tahu bahwa kesehatan itu penting dan mahal tidak bisa kita ukur dengan uang. Oleh karena itu momentum kebersamaan ini dengan dilaksanakannya kegiatan Germas dan penyuluhan kesehatan di setiap daerah,” ucap dia seraya menghimbau untuk dapat manfaatkan tempat tempat kesehatan yang sudah ada.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Jongkat bp.Reno Prawira.S.Stp.M.A, Dandim 1201/ Mph Letkol INF. Daru Cahyo Alam., S.Sos., M.I.P., Kepala Dinas Pendidikan Budaya Pemuda dan Olahraga Kab.Mempawah El Zuratnam,S.Pd,M.Pd, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab.Mempawah JAMIRIL, S.KM., kepala Pukes kab.mempawah Ibu dr.Hj.Darwati.,
Kepala KUA kec.Jongkat bp.Mukhlis.S.Ag., Para jajaran Kades kec.Jongkat, Danramil 01/Jongkat Kapten INF Ari Cahyono. Beserta seluruh anggota Koramil, Kapolsek Jongkat Ipda Fadhila Nugrah Sakti S.Tr.K beserta Ibu, Kataud diskes Lantamal XII Letda laut( k) Syahyunan Hasibuan.beserta 2 orang anggota, Kanit Binmas IPDA Wagio, Ketua PGRI Mempawah BP.Wali, Kepala Unit BRI Jongkat Cabang Mempawah BP.Sithi M.Fauzi.SE.beserta Staf. dan Masyarakat Kecamatan Jongkat.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.
Kegiatan Germas selesai dalam keadaan aman dan lancar./*

DN.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.