Covid-19, Camat Sungai Pinyuh Himbau Tak Pulang Sembahyang Kubur

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(MEMPAWAH) – Pemerintah Kecamatan Sungai Pinyuh, Camat Sungai Pinyuh H. Daeng Dicky Armeina., S.Sos., menghimbau kepada masyarakat Tionghua yang berada diluar kalimantan barat untuk saat sekarang tidak melakukan Ibadah sembahyang kubur yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Hal ini disampaikan karena penyebaran wabah Covid-19 (Corona). Karena tidak jumlah sedikit orang tionghua asli sungai pinyuh yang saat ini berada di kuar kalimantan barat sekarang, dimana akan melakukan tradisi sembahyang kubur kepada orang tua dan leluhur mereka., senin (23/03/2020).

Di tengah situasi ini, Camat Sungai Pinyuh H. Daeng Dicky Armeina., S.Sos., sampaikan kepada masyarakat Tionghoa dihimbau agar tidak pulang kampung, “Kami menerbitkan surat himbauan tertanggal 23 Maret 2020, dan ini merujuk dari penetapan yang dikeluarkan oleh Bupati Mempawah akan pencegahan dan antisipasi virus Covid-19 (Corona) di wilayah kabupaten mempawah pada umumnya, dan kecamatan sungai pinyuh pada khususnya, dimana yang ditujukan kepada Tokoh Masyarakat, Ketua Yayasan, Perkumpulan Etnis Tionghoa di Kecamatan Sungai Pinyuh terkait perkembangan Covid-19. Dengan harapan menjadi perhatian dan pertimbangan bagi masyarakat tionghua yang berada diluar kalimantan barat akan melaksanakan ritual sembahyang kubur dan bisa dapat memahami dan mentaati himbauan tersebut.”

“Jika pada pelaksanaan sembahyang kubur ini bisa terwakilkan oleh keluarga yang berada di sungai pinyuh, jadi diwakilkan saja kepada pihak keluarga yang berada disini. Dan jika harus disaksikan oleh keluarga diluar kota sungai pinyuh maka pihak keluarga bisa menggunakan sarana ilmu tehknologi seperti vidio call kepada keluarga yang jauh dan tak bisa hadir, jadi dengan demikian bisa secara bersama sama juga melaksanakan walaupun dalam keadaan yang berbeda untuk saat sekarang ini.”Jelas Camat Sungai Pinyuh

“Sungai pinyuh yang sebelumnya berada di zona Merah covid-19, bagi masyarakat tionghua yang saat sekarang sudah berada disini untuk bisa memahami dengan situasi dan keadaan sekarang ini.” Jelas Camat Sungai Pinyuh H. Daeng Dicky Armenia. (Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *