Continued Activity Of English Day Civitas Akademika STTA

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TNI AL – STTAL Surabaya.Kontinuitas aktifitas Civitas Akademika STTAL laksanakan English Day setiap hari Rabu dan Kamis bertempat lapangan apel Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Kamis (20/2/2020).

Ketika manusia berinteraksi dengan yang lain kapan dan dimanapun mereka harus menggunakan bahasa, tanpa bahasa manusia akan menemukan permasalahan ketika mereka melakukan kegiatan.

Dalam teori pembelajaran bahasa dijelaskan bahwa kognitif perilaku manusia sangat penting dalam pemerolehan bahasa pertama dan kedua. Proses memahami, menyimak, menyimpan, dan mendengar dan mempraktekkan sangat berpengaruh pada kegiatan internalisasi sebuah bahasa.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis,berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana yakni kemampuan memahami dan menghasilkan teks lisan atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa yaitu mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).

Pada kegiatan English Day lebih menggunakan pendekatan komunikatif (communicative approch) seperti metode yang digunakan Angkatan Laut Amerika mengajarkan bahasa Inggris kepada rakyat Philipina pada waktu masa kolonial Amerika di Philipina pada akhir abad 18 dan setelah terjadinya revolusi di Philipina di awal abad 19. Metode ini berhasil meningkatkan kemampuan bahasa Inggris orang Philipina dan mereka mampu memahami dan berbicara bahasa Inggris.

Kemampuan komunikasi menggunakan bahasa Inggris yang memadai merupakan syarat atau keharusan dalam era modern mengingat fungsinya sebagai bahasa internasional.

Oleh karena itu Civitas Akademika STTAL melaksanakan kegiatan English Day setiap hari Rabu dan Kamis usai apel pagi.
dengan harapan seluruh Civitas Akademika STTAL dalam era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan persaingan super ketat setiap personel diharapkan tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi namun juga harus dibarengi keterampilan khusus lajim disebut ‘skill’. Salah satu ‘skill’ paling dibutuhkan saat ini adalah kemampuan komunikasi berbahasa Inggris, ” Ungkap Ka UPT Bahasa STTAL Mayor Laut (KH) Arif Sudaryoko, S.Pd.//sumber – Penerangan STTAL//.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *