Civitas Akademika STTAL: “English Day STTAL”

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TNI AL – STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil menginstruksikan Kepala UPT Bahasa STTAL Mayor Laut (KH) Arif Sudaryoko, S.Pd., dalam memberikan pelajaran bahasa Inggris kepada seluruh prajurit/PNS, dalam upaya membangun kemampuan berkomunikasi berbasis bahasa asing bertempat Lapangan apel Kampus STTAL Jl. Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Kamis (5/10/2020).

Di era Industri 4.0, yang sarat dengan derasnya arus informasi serta perkembangan teknologi, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sangat di perlukan, kemampuan berbahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan bagi personel Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) untuk menuju ” World Class Navy”. Pengembangan bahasa Inggris malalui ” English Day ” merupakan wujud perhatian Lembaga Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi seluruh personel Kampus STTAL.

Untuk mampu berbahasa Inggris secara efektif dan efisien diperlukan model proses yang menggunakan segala sarana untuk memacu informasi secara konsisten menuju panca indera yang di miliki personel. Kegiatan “Engglish Day” ini dilaksanakan setiap hari kamis, setelah usai melaksanakan apel pagi, dengan topik yang selalu berbeda di setiap pelaksanaannya.

Menurut Fleming dan Mills dalam slamento (2003) ada empat model pembelajaran, yaitu model Visual yang mengandalkan indera, penglihatan Auditory,
model belajar yang mengandalkan indera pendengaran, model Read-write yang lebih mengedepankan aspek membaca dan menulis, serta Model Kinestetic yang mengedepankan gerakan, sentuhan, praktek atau pengalaman belajar secara langsung, berdasarkan teori tersebut di atas, untuk.meningkatkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris bagi personel STTAL maka diperlukan model pembelajaran kinestetic,” ungkap Mayor Laut (T) Arif Sudaryoko, S.Pd./*(Penerangan STTAL).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *