Cekal Terorisme, FKPT Latih Jurnalisme Damai

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK-Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Barat bekerjasama dengan

Pelatiahan Jurnalisme Damai/santo
Pelatiahan Jurnalisme Damai/santo

Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) menggelar Pelatihan Jurnalisme Damai. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi gambaran potensi ancaman teroris serta mendorong stakeholder berpartisipasi dalam mencegah terorisme melalui penyampaian informasi yang edukatif bukan provokatif.

  1. Nur Iskandar, SP koordinator program pelatihan mengapresiasi antusiasme peserta. “Jika di tempat-tempat peserta hanya berasal dari satu kota, maka peserta kali ini dari beberapa kabupaten, seperti Ngabang, Singkawang, Sambas, Mempawah termasuk ada yang dari Melawi,” ujarnya.

Yang juga patut menjadi catatan bahwa mayoritas peserta ada dari kalangan pemuda. “Mayoritas peserta dari generasi muda baik pelajar, pemuda dan mahasiswa,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik./santo
Peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik./santo

Sementara sekretaris FKPT Kalbar Aliuk, Spd, Msi  menjelaskan FKPT Kalbar telah melakukan pemetaan  awal dengan kesimpulan Kalbar rawan menjadi lintasan teroris internasional. “Kalbar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga sangat rawan. Buktinya beberapa waktu lalu ada ditangkap warga yang membawa bahan peledak dari negara lain,” jelas dia.

Dia juga berharap media agar memberitakan informasi secara baik dan mendorong terciptanya kedamaian. “Bukan kita mengintervensi kebebasan melainkan untuk menjaga kedamaian agar proses pembangunan berjalan baik,” pinta Aliuk./SS

One thought on “Cekal Terorisme, FKPT Latih Jurnalisme Damai

  1. Sejumlah anak-anak penghuni rumah tarbiyah dan penghafal Alquran di Jalan Mega Medung Kota Malang trauma paska ditodong Densus 88. Polda Bangka Belitung bekerja sama dengan takmir dari Kementerian Agama memantau khotbah Jumat untuk mencegah menyebarnya paham ISIS.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *