Cegah Kegiatan Ilegal di Perbatasan

PKP-PUTUS SIBAU, Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda, laksanakan pemeriksaan rutin disepanjang daerah perbatasan. apalagi Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki sejumlah kecamatan yang berbatas langsung dengan Negara Malaysia, sehingga segala aktivitas ilegal tersebut perlu diantisipasi. Agar dapat memantau segala kegiatan-kegiatan ilegal bisa saja terjadi disaat petugas lengah.

Pemeriksaan rutin di Lintas Batas.(tm wj)
Pemeriksaan rutin di Lintas Batas.(tm wj)

Hal tersebut, guna melakukan pengamanan Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. “ Kami juga memiliki tugas pokok lain. Seperti mencegah kegiatan illegal maupun keluar masuk nya TKI atau warga negara Malaysia tanpa dokumen resmi.” Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif 315/Garuda Letkol.Inf. M. Albar melalui Pasi Ops Kapten Ridon Manik kepada media ini, Selasa (17/02-2015).

Menurut Ridon, bahwa kegiatan tersebut untuk menjaga stabilitas keamanan bagi masyarakat di perbatasan. Dan mencegah bergeser nya kekayaan aman atau hasil bumi tanpa disertai proses administrasi yang resmi.

Selama ini yang terjadi kata, Ridon yaitu Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  yang kembali ke Indonesia namun tidak dilengkapi dokumen sah, sehingga proses lanjutan dikembalikan ke pihak Imigrasi.

Dikatakannya, kegiatan ini rutin kami laksanakan selama 7 (tujuh) bulan melaksanakan pengamanan perbatasan di kalimantan ini. Selain tugas-tugas lain yang biasa kami laksanakan baik itu mengajar di sekolah, pengobatan massal, sunatan massal, karya bakti dan kegiatan sosial lainnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat daerah perbatasan. Selain itu Ridon juga mengajak seluruh elemen untuk tetap bekerjasama serta menumbuh kembangkan patriotisme dan jiwa nasionalisme di daerah perbatasan, sebab kata Ridon apapun alasannya, NKRI harga mati. (TM-WJ)