Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Pontianak Utara, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin, S.I.K.,M.M., Melakukan Tatap Muka Dengan Masyarakat Peduli Api

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Pontianak-Kalbar, Dalam rangka pencegahan Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Pontianak Utara, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin, S.I.K.,M.M., melaksanakan kegiatan tatap muka dengan masyarakat peduli api Kecamatan Pontianak Utara, Kamis (12/3/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Kebangkitan Nasional Komplek Khatulistiwa City RT.002 / RW.005 Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara, yang juga dihadiri oleh Camat Pontianak Utara, Kasat Binmas Polresta Pontianak Kota, Kapolsek Pontianak Utara, Wadanramil, Perangkat Kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

” Kita sekarang sedang menggeser metode kita, tolak ukur keberhasilan penanganan karhutla bukan dari berapa banyak memasukan pelaku pembakaran lahan kedalam penjara namun keberhasilan dilihat dari kurangnya titik api” ujar Kapolresta.

” Sosialisasi tentang bahaya karhutla terus dilaksanakan, pemetaan daerah yang rawan kebakaran dan daerah yang berpotensi mau dibuka lahannya terutama lokasi rawan karhutla yang jaraknya dekat dengan perumahan warga” jelasnya.

Lanjutnya, Ini bukan pertama kali kejadian karhutla dan setiap kali kita evaluasi, kejadian dulu kendalanya air, mari kita sikapi dan antisipasi untuk membuat sumber-sumber air sehingga bisa kita gunakan pada saat karhutla, untuk mengantisipasi titik rawan karhutla yang tidak ada sumber air agar dari sekarang dibuatkan beberapa titik tandon air / sumur bor untuk nanti digunakan pada saat ada kebakaran lahan.

“Peran serta dari masyarakat sangat dibutuhkan, untuk memantau, mengawasi dan melaporkan kepada pihak Kepolisian / pihak terkait, jangan sampai api sudah besar sekali baru di informasikan” ungkapnya.

“Agar masyarakat mengetahui situasi didaerah sekitar tempat tinggal hal itu bertujuan agar kita tau dimana titik-titik air dan akses jalan sehingga memudahkan dan bisa mengarahkan petugas pemadam untuk mendapatkan sumber air” pungkasnya

Usai kegiatan Kapolresta Pontianak Kota langsung pengecekan peralatan mesin air untuk penanganan karhutla dan meninjau lokasi lahan rawan karhutla yang bekas terbakar di Jalan Kebangkitan Nasional Komplek Khatulistiwa RT.002 / RW.005 Kel.Batulayang Kec.Pontianak Utara./*ril-hms.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *