Cegah dan Penanggulangan Ops. Bina Karuna 2020, Polsek Pontura Lakukan Simulasi Pemadaman Karhutlah

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK – – Dalam dalam rangka Operasi Bina Karuna tahun 2020, Polsek Pontianak Utara melakukan kegiatan Simulasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kapolsek Pontianak Utara selaku penyelenggara kegiatan simulasi Pemadaman Karhutlah, dimulai pukul 09.00 wib, bertempat jakan Panca Bhakti Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara. Rabu (15/07/2020).

Usai kegiatan simulasi, dihampiri Kapolsek Pontianak Utara AKP Hery Purnomo SE, M.Ap mengatakan kegiatan Simulasi Pemasaman Karhutla selesai pukul 10.30 wib dan selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Pelaksanaan kegiatan cukup sukses, dengan hadirnya Kasat Binmas Polresta Pontianak Kota Kompol Gatot Purwanto, Perwakilan PT. Wilmar, Perwakilan BNPB Kota Pontianak, Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Damkar Swasta BPADP, Bhabinsa Koramil 1207-1 B/S Pontianak Utara, Bhabinkamtibmas Polsek Pontianak Utara, Personil yang terlibat Ops Bina Karuna 30 orang, dan dihadiri peserta kegiatan sekitar 20 orang.

“Kita awali dengan apel gabungan, dengan pemberian materi kepada tim satgas pemadam kebakaran kemudian dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” ucap Kapolsek.

“Bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan Operasi Bina Karuna tahun 2020, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pemadam kebakaran dan masyarakat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan sehingga dapat membantu apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Kapolsek Pontianak Utara.

“Hasil dari evaluasi kegiatan tersebut, bahwa wilayah Kecamatan Pontianak Utara sebagian besar lahan gambut dan untuk akses mendapatkan air guna melakukan pemadaman api masih cukup sulit sehingga diharapkan kepada masyarakat peduli api agar membuat sumur yang dapat dijadikan sebagai sumber air,” jelas Kapolsek.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kepada para peserta yang hadir bisa mengaplikasi dilapangan, selain itu juga bisa sinergitas Polri, Damkar setempat, dan warga sekitar, dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan covid 19,”harap Kapolsek Pontianak Utara.(GN/DN-PKP).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *