Cargill Donasikan Mobil Ambulans dan Rapid Test Kit untuk Mendukung Pemerintah Daerah Tangani Pandemi Covid-19

Foto 1: Director of Milling, Cargill Tropical Palm, Anton Asmara (berkaos
hijau sebelah kanan) menyerahkan bantuan satu unit ambulans lengkap dengan
peralatan medis untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Musi Banyuasin dalam
penanggulangan pandemi Covid-19 kepada Wakil Bupati Musi Banyuasin sebagai
Ketua PMI Musi Banyuasin, Beni Hernedi (kedua dari kanan). Sebelumnya
Cargill telah melaksanakan serangkaian langkah dukungan untuk mencegah
penyebaran Covid-19, antara lain melalui program peningkatan kesadaran
masyarakat, melakukan kegiatan desinfeksi, serta menyediakan alat pelindung
diri (APD) dan peralatan medis untuk Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan
setempat.

JAKARTA ! PKP : 15 Mei 2020 – Melalui perkebunan kelapa sawit PT Hindoli, Cargill mendonasikan satu mobil ambulans lengkap dengan peralatan medis untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Musi Banyuasin dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Dengan meningkatnya penyebaran pandemi Covid-19, bantuan di sektor kesehatan adalah prioritas Cargill untuk mendukung para staf medis yang melayani masyarakat.

Donasi mobil ambulans tersebut adalah kelanjutan dari serangkaian dukungan Cargill di sektor kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. Selain mobil ambulans, Cargill juga menyumbangkan sekitar hampir 900 COVID-19 IgM/IgG Rapid Test kit kepada Dinas Kesehatan Kabupaten di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin, Sumatera Selatan serta beberapa Puskesmas di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Donasi COVID-19 IgM/IgG Rapid Test kit juga untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Foto 2: Wakil Bupati Musi Banyuasin yang juga menjabat sebagai Ketua PMI
Musi Banyuasin, Beni Hernedi medengarkan penjelasan mengenai perlengkapan didalam ambulans, yang merupakanbantuan dari Cargill untuk penanganan Covid-19. Sebelumnya Cargill telah melaksanakan serangkaian langkah dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, antara lain melalui program peningkatan kesadaran masyarakat, melakukan kegiatan desinfeksi, serta menyediakan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis untuk Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan setempat./#

“Kami berterima kasih kepada Cargill atas perhatian dan kontribusi mereka kepada PMI Musi Banyuasin dalam bentuk donasi satu mobil ambulans lengkap dengan peralatan medis di dalamnya,” kata Beni Hernedi, Ketua PMI Musi Banyuasin. Bantuan mobil ambulans untuk PMI terebut sangatlah berguna karena meningkatkan jumlah armada kesehatan yang sangat dibutuhkan selama pandemi Covid-19 dan juga membantu kegiatan PMI Musi Banyuasin untuk mendukung tugas-tugas kemanusiaan.”

Richard Low, Chief Executive Officer, Cargill Tropical Palm, mengatakan, “Cargill memprioritaskan bantuan kesehatan karena rumah sakit dan para staf medis berada di garis depan dalam penanganan Covid-19. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan PMI lokal dengan mendonasikan satu unit ambulans sebagai bentuk dukungan kami. Kami berterima kasih atas kerja sama dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh semua pihak untuk mencegah penyebaran COVID-19.”

Sebelumnya, Cargill telah memberikan dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan serta Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dengan mengimplementasikan program-program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang virus Corona melalui materi pendidikan, kegiatan desinfeksi, menyediakan peralatan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis untuk Puskesmas, RSUD, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, serta distribusi alat-alat kesehatan kepada masyarakat seperti masker kain, mesin penyemprotan desinfektan, hand sanitizer, termometer digital dan bahan kebutuhan pokok (sembako).

Karyawan Cargill membantu menyiapkan dan mendistribusikan bantuan ini di 11 desa pada enam kecamatan di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin dan 40 desa di enam kecamatan di Kabupaten Ketapang. Cargill akan terus mendistribusikan bantuan ini kepada masyarakat lokal di sekitar area perkebunannya serta kepada tim gugus tugas Covid-19 setempat selama periode darurat pandemi Covid-19.

Foto 3: (kiri – kanan) CSR Officer Cargill Tropical Palm, Kalimantan Barat,
Gusti Sefreza, secara simbolis menyerahkan bantuan rapid test kit kepada
perwakilan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) puskesmas Riam Jelai Hulu, dr
Debora. Cargill mendonasikan sekitar hampir 900 rapid test kit kepada Dinas
Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin di Sumatera
Selatan dan puskesmas di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sebelumnya Cargill telah melaksanakan serangkaian langkah dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, antara lain melalui program peningkatan kesadaranmasyarakat, melakukan kegiatan desinfeksi, serta menyediakan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis untuk Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan setempat./#

Selain membantu masyarakat di sekitar area perkebunan, Cargill juga menerapkan langkah-langkah pencegahan di fasilitas dan area perkebunannya. Para karyawan dan kontraktor diperiksa suhu badan mereka setiap hari dan harus menjaga jarak fisik satu hingga dua meter di tempat kerja, termasuk di dalam kendaraan transportasi. Cargill juga memberikan masker wajah dan termometer untuk setiap karyawan dan keluarganya, dengan total lebih dari 140.000 masker dan sekitar 24.000 termometer. Dokter dan paramedis di fasilitas Cargill juga telah dilatih protokol tanggap darurat yang sesuai dengan pedoman pemerintah.

Cargill terus menerus memantau pandemi di Indonesia dan global, dan siap mengimplementasikan langkah-langkah baru sesuai dengan perubahan dalam pedoman nasional, untuk memastikan bahwa perkebunan Cargill tetap menjadi tempat kerja yang aman bagi semua karyawan, kontraktor, dan anggota keluarga mereka. Respon Cargill global dan regional terhadap COVID-19 selalu berpedoman dengan tujuan kami menyediakan pasokan pangan dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

——
Bantuan tersebut merupakan salah satu contoh bagaimana Cargill bekerja dengan mitra nirlaba dan LSM kami di seluruh dunia untuk membantu menangani keamanan pangan, kesehatan dan keselamatan setiap orang, serta menghadapi tantangan dalam dunia pertanian dan industri makanan karena penyebaran COVID-19. Selain memberikan bantuan pendanaan, Cargill juga bekerja sama dengan organisasi nirlaba di seluruh dunia untuk menyumbangkan makanan, bahan-bahan, dan produk-produk kebutuhan pokok lainnya bagi kelompok yang rentan selama pandemi ini. Sebagai contoh, Cargill telah menyumbangkan hampir 460.000 kilogram makanan kepada organisasi-organisasi bank makanan di komunitas lokal di mana karyawan kami tinggal dan bekerja. Respon Cargill global dan regional terhadap COVID-19 selalu berpedoman pada tujuan kami menyediakan pasokan pangan dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Foto 4: (kanan – kiri) Chief Doctor PT Hindoli Cargill secara simbolis
menyerahkan bantuan rapid test kit kepada perwakilan Unit Pelaksana Teknis
Dinas (UPTD) puskesmas Sungai Lilin, dr Intan. Cargill menyumbangkan sekitar hampir 900 rapid test kit kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasindan Kabupaten Banyuasin di Sumatera Selatan dan puskesmas di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sebelumnya Cargill telah melaksanakan serangkaian langkah dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, antara lain melalui program peningkatan kesadaran masyarakat, melakukan kegiatan desinfeksi, serta menyediakan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medisuntuk Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan setempat./*

Tentang Cargill Cargill memiliki 155.000 karyawan di 70 negara yang menyediakan kebutuhan pangan dunia melalui cara yang aman, bertanggung jawab dan berkelanjutan. Setiap hari, kami menghubungkan para petani dengan pasarnya, konsumen dengan kebutuhan pangan, serta manusia bahkan binatang dengan makanan yang mereka butuhkan.

Kami memadukan pengalaman selama 153 tahun dengan berbagai teknologi dan wawasan terbaru sehingga menjadi mitra terpercaya bagi para pelanggan kami di sektor pangan, pertanian, keuangan dan industri di lebih dari 125 negara. Kami bekerja sama membangun masa depan yang lebih kokoh dan berkelanjutan untuk bidang pertanian. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Cargill.com dan Pusat Berita kami.

Tentang Cargill di Indonesia Cargill memulai usahanya di Indonesia pada tahun 1974 dengan mendirikan pabrik pakan di Bogor, Jawa Barat. Saat ini Cargill berkantor pusat di Jakarta dan memiliki lebih dari 19.000 karyawan. Kami memiliki 60 lokasi dengan kantor-kantor, pabrik dan fasilitas di seluruh Indonesia dan melakukan kegiatan usaha yang terdiri dari nutrisi hewan, kakao, kopra, rumput laut, ekspor makanan olahan, biji-bijian dan minyak nabati, minyak sawit, serta pati dan pemanis./*

(Sumber Cargil)

(Publish : Udin Subari)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *