Bupati Sintang Sampaikan Pidato Harjad Sintang Ke-658 Secara Virtual

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG. Tidak seperti biasanya, pidato Bupati Sintang Jarot Winarno, dalam rangka hari jadi Kota Sintang dibacakan dalam upacara resmi, namun tahun 2020 ini, dikarenakan wahab pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, salah satunya di Kabupaten Sintang, pidato tersebut di sampaikan Bupati Sintang Jarot Winarno secara virtual yang di tayangkan melalui akun resmi media sosial Facebook dan Instragam Pemerintah Kabupaten Sintang untuk di sampaikan kepada masyarakat, pada Minggu (10/5/2020), dimana tepat pada peringatan hari jadi Kota Sintang ke-658.

Mengawali pidatonya, Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini, peringatan hari jadi Kota Sintang dalam suasana keprihatinan, dimana seluruh rangkaian kegiatan hari jadi Kota Sintang, termasuk upacara peringatan yang setiap tahun di laksanakan pada tanggal 10 Mei di tiadakan, karena saat ini sedang menghadapi wabah pandemi covid-19 secara global. Dimana wabah covid-19 sudah menelan korban meninggal sekitar 275.914 orang di 212 negara. Untuk di Indonesia, sampai saat ini ada 13.645 orang yang positif covid 19, 2.607 yang berhasil sembuh dan ada 959 orang yang meninggal.

“khusus di kabupaten sintang, ada 2 orang yang positif, 27 orang dalam pemantauan dan 175 orang tanpa gejala pertanggal 8 mei 2020. kita terus berupaya melakukan pencegahan, pengobatan dan mengantisipasi dampak covid 19 di kabupaten sintang. saya yakin dengan semangat kebersamaan dan sinergi yang baik, kita mampu melawan covid 19”papar Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa sejarah peringatan hari jadi Kota Sintang yang di peringati setiap tahun pada 10 Mei ini, mengambil momentum pada 10 Mei 1362, dimana waktu itu Jubair Irawan I beserta para pengikutnya berhijrah dari kerajaan sepauk ke titik pertemuan alur Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang sekarang menjadi Keraton Al Mukarammah Sintang. Untuk tahun 2020 ini, hari jadi Kota Sintang mengusung tema Bergema yaitu singkatan dari Bergerak Maju Bersama.

“Tema ini menginspirasi kita untuk selalu bersatu dalam kebersamaan, untuk bekerja, berikhtiar, memajukan kota sintang sebagai rumah besar kita semua”jelasnya./*

( L M B )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *