Bupati Sintang Resmikan Sanimas, Di Kelurahan Mekar Jaya

SINTANG- www.postkotapontianak.com Tanggal- 09, Januari 2019, Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan salah satu fasilitas penunjang pola hidup sehat dimana sanitasi berbasis masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan SANIMAS, adapun Sanitasi berbasis masyarakat ini dibangun di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.
Acara peresmian ini pula todak hanya dihadiri oleh Bupati Sintang saja namun tak kalah juga nampak hadir Kepala Satuan Kerja Pemgembangan Sist Penyehatan Lingkungan Permukiman Perovinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Rakyat Kabupaten Sintang.
Pada kesempatan tersebut saat memberikan sambutan perdananya Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa pembangunan sanitasi ini sangatlah penting bagi masyarakat.
Jarot menganggap bahwa pembangunan sanitasi ini dinilai sangatlah baik karna menggunakan instalasi pengelolaan air limbah atai yamg di sebut juga dengan sebutan IPAL Komunal apalagi jika limbah tersebut ditambah dengan limbah tinja yang mana limbah tersebut juga bisa diolah kembali untuk dimanfaatkan salah satunya kita dapat membuat hidroponik di Desa kita sendiri, kata Jarot.
Lebih lanjut Jarot menambahkan bahwa masalah kesehatan di Kabupaten Sintang adalah merupakan masalah yamg kedua harus dibahas setelah kemiskinan yang harus di selesaikan.
“menurut Jarot untuk fasilitas penunjang kesehatan di Kabupaten Sintang sudah cukup maksimal, akan tetapi untuk dibidang kesehtan lingkungan kita masih kurang, Jarot menyebutkan bahwa sanitasi yang baik di Sintang baru mencapai 61% sedangkan sisanya 39% masih kurang baik.
Dengan adanya 39% sanitasi yang tidak baik ini maka akibatnya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akan menimbulkan gejala seperti diare, tipes, dan lainnya, tambah Jarot.
Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Provinsi Kalimantan Barat, Ridwan Kristian Manik mengatakan program SANIMAS ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas askes sanitasi yang baik.
“jadi sanitasi berbasis masyarakat ini menyediakan sarana dan prasarana untuk sanitasi yang berkualitas, sehingga program ini akan berkelanjutan, berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka kita meningkatkan kualitas sumber daya air dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan bersih”, kata Ridwan. (Red: LMB)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *