Bupati Paolus Hadi Buka Kejuaraan Sumpit

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( SANGGAU ) – Bupati Sanggau, Paolus Hadi membuka langsung perlombaan menyumpit Kamis (6/4/2017) pukul 14.00 wib di lapangan terbuka kawasan terbuka taman Sabang Merah komplek.

Peserta kejuaraan sumpit, perempuan 18 dan laki-laki 58. Total peserta 76 kategori perseorangan. Dari 76 peserta ini masing-masing mewakili persatuan sumpit kabupaten Sanggau, SKPD, desa Sebara, kecamatan Sekayam, Kodim 1204/sgu. Kecamatan Kapuas, DAD Kecamatan Kapuas dan PDKS Bonti. Koordinator Samuel Marwan.

“Kejuaraan sumpit ini dalam rangka hari jadi kota Sanggau ke 401. Mari kita sukseskan berbagai kegiatan, termasuk kejuaraan sumpit ini,”ungkap Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Kamis (6/4/2017) di sela sela membuka kejuaraan sumpit di halaman terbuka taman Sabang Merah komplek.

Bupati Paolus Hadi berharap, kejuaraan sumpit ini dijadikan lambang kebanggaan masyarakat. Karena bagian dari kehidupan masyarakat adat sejak jaman dahulu.

“Jaman dahulu, sumpit sebagai senjata, baik untuk berburu dan untuk pertahanan dari ancaman baik binatang buas maupun ancaman orang jahat,”tuturnya.

Bupati menambahkan, sumpit sekarang ini sudah menjadi sarana olahraga, baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Ditempat yang sama, Ketua DAD Kecamatan Beduai, Martoc mendukung kegiatan kejuaraan sumpit. Menurutnya, sumpit adalah senjata tradisional masyarakat adat Dayak. Kegunaannya untuk berburu dan pertahanan keamanan.

“Sekarang sumpit sudah menjadi sarana olahraga, dan dengan adanya kejuaraan sumpit ini sangat kita dukung,”terang Martoc didampingi sekretarisnya, Son Afgato. (Firmus) // foto : dok Firmus/PKP //


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *