Buntut Ditolak Pendaftaran Pasangan Hendrikus-Gusti Kemboja Tempuh Upaya Hukum

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! KETAPANG-PASCA penolakan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Henrikus – Gusti Kamboja oleh Komisi Pemilihan Umum Ketapang menimbulkan langkah upaya hukum dari pasangan ini dengan

Halipudin, S.Sos./mn
Halipudin, S.Sos./mn

melaporkan permasalahan ini ke  Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Ketapang.
Berbagai upaya musyawarah melalui sidang yang dipimpin Panwaslu Ketapang sebanyak tiga kali belum juga mendapatkan hasil musyawarah mufakat dari kedua belah pihak antara pemohon ( Henrikus – Gusti Kamboja ) dan termohon (KPU).

Dan akhirnya keputusan akhir di ambil langsung oleh Panwaslu yang akan diumumkan pada persidangan selanjutnya pada tanggal 11 Agustus 2015 yang tempatnya akan disampaikan melalui undangan.

Halipudin, S.Sos , Wakil Ketua DPD Partai Golkar kubu munas Ancol saat ditemui wartawan di kediamannya Jalan Sepakat Gg. Abdul Kadir no 02 A  ( 8/8/15 ) berkomentar ,” Usaha yang kami tempuh karena buntut dari ditolaknya pendaftaran pasangan calon Henrikus – Gst Kamboja yang di usung partai Golkar dan Gerindra, dengan demikian kami lakukan langkah upaya yang telah 3 kali dilakukan musyawarah oleh Panwaslu Ketapang dengan Henrikus – Gusti Kamboja sebagai pihak pemohon dan KPU Ketapang sebagai pihak termohon.

Ditempuhnya upaya hukum, menurut Halifudin adalah, ” suatu langkah dan jalan terbaik untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan persoalan ini dapat dijadikan suatu pembelajaran politik dan pembelajaran berdemokrasi yang baik,  terhormat dan bermatabat ketimbang terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekerasan atau pun adu fisik yang sama sekali saling merugikan “, tuturnya.

Halipudin juga menambahkan,” Keputusan Panwaslu yang kita tunggu-tunggu pada hari Selasa tanggal 11 Agustus 2015 , saya yakin keputusan tersebut pasti berlaku adil dan sangat realistis. “Kita semua harus menghargai dan menghormati keputusan Panwaslu dan semoga keputusan tersebut menjadi suatu pembelajaran terutama pada dunia perpolitikan sehingga masyarakat bisa melihat dan menilai secara jernih “, harapnya.man/hr/


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *