BPD Jangan Berani Jatuhkan Kades

POSTKOTA PONTIANAK

KUBU RAYA-Bupati Kubu Raya Rusman Ali melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sungai Ambawang Kuala, Desa Korek dan Desa Lingga. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota BPD ketiga desa tersebut untuk periode 2014-2020 berjalan dengan hikmat dan lancar di Kantor Camat Sungai Ambawang, belum lama ini.

Bupati KKR lantik BPD Sui Ambawang KualaAcara pelantikan dihadiri unsur Muspika Kecamatan Sui Ambawang, Kepala Desa, serta dinas terkait. Dalam sambutannya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menegaskan BPD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan desa yang berfungsi menetapkan peraturan desa bersama Kepala Desa serta menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Disamping itu BPD mempunyai wewenang untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan Kepala Desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, membentuk panitia Pilkades dan menyalurkan, menggali, menampung, menghimpun, dan merumuskan aspirasi masyarakat serta menyusun tata tertib BPD.

“Oleh karena BPD merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, maka anggota BPD harus dapat menjadi mitra kerja pemerintah desa yang baik dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemas-yarakatan di desa,” ujarnya.

Menurut Rusman, sebagai unsur lembaga pemerintahan desa, setiap anggota BPD harus mengerti dan memahami tugas dan fungsinya serta hak dan kewajibannya, sehingga mampu berperan aktif dalam kelancaran penyelenggaraan pemerintahan desa. Diakhir sambutan, Bupati Kubu Raya berpesan agar anggota BPD dan pemerintah desa terjalin hubungan yang harmonis, sehingga pelaksanaan program pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Saya tidak menginginkan anggota BPD justru bertujuan untuk menjatuhkan dan selalu berseberangan dengan Kepala Desa. Hal ini tentu tidak kita inginkan,” tegasnya.

Bupati Rusman Ali juga meminta agar para anggota BPD Desa benar-benar bekerja untuk kepentingan masyarakat ba-nyak dalam mengawasi, membantu dan mendukung program-program pemerintah. (kliwon)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *