Biasakan Anak Membaca Sejak Dini

SEKADAU-Membaca merupakan sarana utama dalam meningkatkan ilmu, oleh sebab itu membaca sangat dianjurkan untuk mengisi waktu kosong. Aktivitas membaca disarankan perlu ditanamkan sejak usia dini.

Adrianto Gundokusumo.(yhy)
Adrianto Gundokusumo.(yhy)

Asisten I Pemkab Sekadau, Adrianto Gondokusumo menilai membaca merupakan kebiasaan yang patut ditanamkan dalam diri masing-masing, terutama pada anak. Jika sejak dini anak sudah dibiasakan membaca, maka dengan sendirinya ia akan terbiasa membaca tanpa harus disuruh.

“ Pembudayaan kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus menerus,” kata Adrianto, ditemui belum lama ini.

Pembudayaan minat membaca tersebut bisa berkembang baik karena pada anak karena anak lebih mudah diarahkan untuk mengerjakan hal-hal yang positif. Jika sudah menjadi kegemaran, maka kebiasaan itu akan selalu dilakukannya hingga dewasa kelak.

“ Oleh karena itu, anak-anak kita harus didorong untuk membuka wawasan dengan membaca,” kata mantan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sekadau itu.

Ditegaskan Adrianto, peranan membaca sangatlah penting dalam membuka wawasan. Dengan membaca, seseorang bisa cerdas serta dapat memperoleh pengertian yang lebih mendalam tentang suatu fenomena.  “ Orang yang rajin membaca juga bisa lebih cepat menganalisa aspek-aspek yang dibaca. Selanjutnya, aspek-aspek itu dapat sekaligus dia hubungkan dengan fenomena lainnya,” tukas Adrianto.(Yahya)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *