Bersih Narkoba, BNNK Jakarta Utara Perkuat Komitmen Kelurahan Pademangan Barat

JAKARTA, ( PKP ) – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tak menurunkan semangat Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara dalam menjalani program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Program itu pun dilakoninya melalui program rehabilitasi dengan motode Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) yang salah satunya saat ini difokuskan pada Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan.

Kepala BNNK Jakarta Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bambang Yudhistira mengatakan P4GN harus dijalani secara holistik dan terintegerasi. Tidak hanya BNNK Jakarta Utara, komitmen pencegahan dan pemberantasan narkotika ini juga harus melibatkan peran pemerintah, pemangku kepentingan (stakeholder), dan unsur masyarakat.

 

 

“Pandemi Covid-19 nyatanya tidak menurunkan kasus Covid-19. Beragam modus baru hingga barang bukti yang meningkat menandakan kasus narkotika di masa pandemi Covid-19 tidak menurun,” kata Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bambang Yudhistira dalam sambutannya secara dalam jaringan (daring) pada acara Workshop Sosialisasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bersama Pelindo di Hotel All Sedayu, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (27/10).

Dikonfirmasi terpisah, Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara, dr. Novianti Purnamasari menerangkan kegiatan ini merupakan pemantapan komitmen Kelurahan Pademangan Barat dalam menjalani program rehabilitasi dengan metode IBM. Terlebih mendukung enam kader IBM untuk dapat memberikan sosialisasi, menjangkau, memberikan pendampingan, hingga assessmen dasar terhadap penyalahguna narkoba.

“Ini melanjutkan program yang sama pada tahun 2020 lalu di Kelurahan Pademangan Barat untuk dapat kembali berkomitmen di tahun 2021 ini. Untuk tahun lalu, kader mampu menjangkau sepuluh penyalahguna narkoba yang saat ini sudah tidak lagi menyalahgunakan narkoba dan produktif, serta mampu kembali beraktifitas di masyarakat,” terang dr.Novianti Purnamasari.

Dalam sambutannya secara langsung Camat Pademangan, Didit Mulyadi menerangkan program rehabilitasi dengan metode IBM yang kini difokuskan pada Kelurahan Pademangan Barat dilakoninya dengan penuh komitmen bersama stakeholder dan unsur masyarakat.

 

BACA JUGA

Amankan Aksi Unras Buruh, Polresta Tangerang Kedepankan Pengamanan Humanis

GABSIS Memenangkan Liga 3, Wakili Kalbar Ke Liga 3 Nasional

DPD LKPN Kalbar Dapat Ucapan Selamat Dari Ketum Dewan Pimpinan Pusat LKPN

 

Dengan menyontoh jejak Kelurahan Ancol yang telah ditetapkan sebagai kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Didit yakin Kelurahan Pademangan Barat dapat bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Upaya kami diantaranya dengan membentuk kader IBM, menghadirkan program keterampilan agar warga aktif sehingga terhindar dari narkoba. Termasuk juga memasifkan sosialisasi penyalahgunaan narkoba seperti memasang spanduk atau banner di sudut-sudut jalan,” kata Didit Mulyadi./*

(Imam/Hermawan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.