Beri Penyuluhan Pupuk, Satgas TMMD Sintang Gandeng Dinas Pertanian

Sintang, Selasa (23/7/19) – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 105 yang memasuki hari ke 13 (tiga belas) di wilayah Kodim 1205/Sintang, selain mengerjakan sasaran fisik juga melaksanakan sasaran non fisik. Dalam hal ini, kegiatan non fisik memberikan penyuluhan dari Dinas Pertanian tentang pengolahan pupuk organik.

Penyuluhan yang digelar terselenggara atas kerjasama antara Kodim 1205/Stg dengan Dinas Pertanian Kab. Sintang, yang berlangsung di kantor Desa Marti Jaya, Kec. Tempunak, Kab. Sintang.

Sebanyak 60 orang warga masyarakat dari Desa Marti Jaya, Desa Benua Kencana dan Desa Riam Batu tampak antusias mendengarkan penyuluhan yang diberikan oleh pemberi materi dari Dinas Pertanian Kab. Sintang melalui Bapak Attanasius, koordinator BPP Kecamatan Tempunak.

Dalam kesempatan tersebut, Bpk. Attanasius menjelaskan tentang bagaimana mengolah limbah organik bisa menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

Menurutnya, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap penggunaan pupuk organik masih kurang, penggunaan pupuk organik selain ramah lingkungan juga membuat tanaman tahan akan serangan hama. Sedangkan penggunaan kimia dapat meningkatkan keasaman pada tanah yang lama kelamaan justru membuat tanah tidak akan subur kembali.

Bpk. Muntai selaku Kades Riam Batu sangat senang dengan penyuluhan mengolah limbah organik menjadi pupuk organik, karena dapat memberikan pengetahuan bagi warga tentang pemanfaatan kotoran hewan ternak dan jerami untuk di jadikan pupuk,” ucapnya.

Sumber : Pendam XII/Tpr.

Publish : Postkotapontianak.com


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *