Berharap Tahun 2018, Akreditasi Puskemas Se Landak Selesai

IMG_20170126_072056(drg Magdalena Nurainy Sitinjak./dan)

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! NGABANG –Kadis Kesehatan Kabupaten Landak drg. Magdalena Nurainy Sintijak mengakui, proses akreditasi Puskesmas di Kabupaten Landak masih mengalami kendala dilapangan. Salah satu kendala, katanya, belum maksimalnya pembinaan dari pusat dan provinsi dalam melatih tim. 

“Tim yang dilatih saat ini hanya satu, mana bisa terkejar target itu. Sebenarnya kami targetkan pada tahun lalu ada 5 Puskemas di Kabupaten Landak. 2 Puskesmas minta undur  masuk awal tahun 2017. Kita bisa melihat  kemampuan mereka, administarsi, sarana dan prasarana yang mereka miliki,” kata Nurainy kepada media beberapa hari lalu di ruang kerjanya.

Sementara 3 Puskemas lainnya, dari pihak Dinkes Landak mengusulkan , ternyata hanya 2 Puskesmas yang mampu. Ini artinya, bukan kesalahan dari kami. “Tahun ini 2 yang siap, tinggal menunggu penilaian saja.  Yang sudah di nilai di Mandor dan Karangan. Sedangkan yang belum Menjalin, Senakin dan Meranti,” jelas Nurainy.

Disinggung, pada tahun 2018 apakah akreditasi Puskesmas di Landak tercapai? Lagi-lagi Nurainy masih merasa ragu pasalnya, Gubernur Kalimantan Barat berakhir masa jabatanya awal tahun 2018.

“Ternyata akhir masa jabatan pak gubernur awal tahun 2018. Mau tidak mau tahun 2017  harus selesai, tapi sekali lagi mampu kah kita mewujudkan itu. Untuk menyiasati ini, harus diusul 3 tim lagi untuk harus dilatih,” saran Nurainy.

  Nurainy juga mengatakan di Dinas Landak, pihaknya mereka dilantih, selanjutnya dari pelatihan ini melatih kembali dan membina yang dibawahnya. 

“Disini ada 10 disiplin ilmu, ada dokter,  dokter gigi, SKM, opoteker, gizi,  analis, bidan, perawat dan lainnya,” tukasnya seraya menambahkan oftimis pada tahun 2018, akreditasi Puskemas di Landak selesai. (Dan/Wan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *