Berdiri Pos Kamtibmas Desa Parit Banjar, Ciptakan Sinergitas Masyarakat dan Polri

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – PARIT BANJAR !  Dalam rangka menunjang kamtibmas Desa Parit Banjar, Pemdes Membangun Pos Kamtibmas berukuran 8Mx8M, berstatus tanah pinjam pakai, lokasinya sangat strategis di pertengahan simpang Desa Rt.005/Rw.003 tepat berada disamping kiri gerbang masuk pemukiman masyarakat, sekitar dipertigaan jalan menuju desa dan arah menuju jalur keluar masyarakat, pembangunannya pun dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat setempat.

Penyerahan pos Kamtibmas langsung oleh kades Parit Banjar Marlito kepada Kapolsek Mempawah Timur Ipda Ria Iskandar, dengan disaksikan Camat Mempawah Timur R. Agus Isnanto SH, Bhabinkamtibmas Bripka Iwan Saputra, BPD Desa Parit Banjar dan warga sekitar berada di Aula pos kamtibmas. Senin (20/07/2020).

Kepala Desa Parit Banjar Marlito menjelaskan, pos Kamtibmas merupakan bagian penting, sebagai sarana keamanan terutama untuk Bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat di desa serta poskamling, baik sebelum maupun setelah keliling melaksanakan tugas dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Untuk itu, kami prioritaskan agar pemeliharaan keamanan desa lebih memiliki semangat untuk mengabdi kepada masyarakat dengan ditunjang sarana yang memadai,” ucapnya.

Dengan dibangunnya Pos Kamtibmas, berharap desanya yang aman dan nyaman bisa terjaga dengan baik, berkat adanya partisifasi masyarakat dalam melaksanakan untuk memberikan motipasi kepada penjaga keamanan desa. Kades mengajak seluruh masyarakat untuk terus melaksanakan siskamling secara rutin dan berkelanjutan

Camat Mempawah Timur R. Agus Isnanto SH., sampaikan dalam sambutan ada tiga ketahanan yang dimiliki oleh desa Pariit Banjar; ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan Lingkungan. Pembentuk Katahanan lingkungan, berupa Pos Kamtibmas ini artinya Desa Banjar ini sebagai percontohan Desa Mandiri apabila nanti ada kunjungan kunjungan dari pusat atau dari provinsi untuk mengecek kebenaran lokasi keberadaan Desa Mandiri mungkin kita Arahkan kepada desa parit banjar.

Lanjutnya, kenapa saya katakan demikian karena desa parit banjar sekilas kita lihat dari sarana-sarana Pasar Desa sudah ada, Pelayanan Desa Kesehatan sudah ada, Sarana Pendidikan sudah ada, sarana Bhabinkamtibmas sudah ada dan sarana Penanggulangan Bencana Alam juga sudah ada.

“Terima kasih kepada Kapolsek Mempawah Timur, Kades Parit Banjar dan bhabinkamtibmas sudah bisa bekerjasama dengan mewujudkan ini, ini mungkim satu-satunya pos bhabinkamtibmas di wilayah kecamatan mempawah timur. Ini merupakan usaha kita bersama untuk mendukung pembangunan tanpa adanya khamtibmas kita tidak bisa bekerja dengan baik. Khamtibmas baik artinya lingkungan kita terjaga kita aman dan terkendali,” ucap Camat.

jadi ini juga salah satu indikator bahwa kita dapat menjaga, karena mencegah lebih baik daripada kita menyelesaikan persoalan-persoalan. Ditekankan masih ada persoalan Narkoba yang sangat meresahkan masyarakat di wilayah mempawah timur, selain itu juga kepada warga jika warga melihat gerak gerik yang mencurigakan untuk segera melaporkan kepada bhabinkamtibmas atau pun Polsek biar bisa segera ditanggulangi.

Kapolsek Mempawah Timur Ipda. Ria Iskandar sampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungan Pemdes Parit Banjar dan wargawa desa paeir banjar, atas terbangun Poskamtibmas ini, dan inj akan dilakukan serah terima pos bhabinkamtibmas Desa Banjar pada hari Senin tanggal 20 Juli 2020

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Desa beserta masyarakat yang telah memberikan kepercayaan Polsek Mempawah Timur untuk memberikan operasional dalam melaksanakan pembinaan di wilayah ini, kegiatan pengamanan yang dilakukan ini tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa dukungan dan peran serta dari masyarakat demi satu tujuan menciptakan iklim yang kondusif sehingga masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri,” ucap Kapolsek.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas solidaritas dan kerjasama berikut dukungannya selama ini yang telah menciptakan Desa menjadi desa yang kondusif. Alhamdulillah sampai saat sekarang untuk yang sifatnya kriminal tidak terjadi seperti kemarin-kemarin,” akhiri Kapolsek Mempawah Timur Ipda. Ria Iskandar.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *