Bentuk Komitmen Pemerintah Perang dengan Korupsi

Pengukuhan Saber Pungli./ Fadli
Pengukuhan Saber Pungli./ Fadli

DEPOK – POSTKOTAPONTIANAK.COM !  Bentuk komitmen pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 87/2016, tentang Satgas Saber Pungli yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungli dalam Penyelengaraan Pemerintahan Daerah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, bahwa guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berperan aktif menjalankan pelayanan tanpa pungli, sesuai Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang berlaku dalam undang-undang.

“Jadi fungsi pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus bisa memberikan kepuasan. Artinya, indikator pelayanan yang baik dapat dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat,” ungkapnya, Kamis (9/3), saat pengukuhan Satgas Saber Pungli di Balaikota Depok, Jabar.

Menurutnya, bahwa Satgas Saber Pungli ini merupakan perwujudan dari reformasi di bidang hukum. Ini dilakukan sebagai langkah percepatan pemulihan kepercayaan publik terhadap lembaga pemerintahan, serta untuk pembangunan budaya hukum.

“Jadi saya berharap agar dapat tercipta kondisi pemerintahan yang bersih dan berwibawa, serta berkelanjutan,” tutur Idris.

Idris mengingatkan, bahwa kepada pihak-pihak terkait, berharap untuk mensosialisasikan keberadaan Satgas Saber Pungli ini, sehingga masyarakat dapat memahami sampai mana batas-batas yang dinamakan pungli.

“Untuk itu, saya percaya tim Satgas Saber Pungli dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan terukur, dengan tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing,” imbuh orang nomor satu di Kota Depok itu.

Dalam pengukuhan Satgas Saber Pungli tersebut, sebagai bukti keseriusan Pemkot Depok memberantas praktik pungli, Wali Kota Depok Mohammad Idris telah mengukuhkan Unit Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli yang beranggotakan lintas instansi antara lain dari, Pemerintah Kota Depok, kepolisian, kejaksaan, serta ahli dari Universitas Indonesia (UI). (Faldi)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *