Belum Pernah Sama Sekali

Tek foto, Yohanes, Kades Hilir Kantor Kecamatan Ngabang.(ya'sdn)
Tek foto, Yohanes, Kades Hilir Kantor Kecamatan Ngabang.(ya’sdn)

Desa Hilir Kantor Menginginkan Prona Sertifikat Tanah

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! NGABANG-Kepala Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Yohanes, pekan lalu kepada awak media ini di Ngabang mengatakan sangat menginginkan agar Desa Hilir Kantor mendapatkan prona sertifikat tanah.

Yohanes mengaku, sebelumnya, sejak menjabat sebagai aparatur Desa Hilir Kantor, sampai sekarang semenjak dirinya menjabat sebagai Kepala Desa Hilir Kantor, terhitung sejak Januari 2014, sama sekali tidak pernah Desa Hilir Kantor mendapatkan program nasional pembuatan sertifikat tanah.

Padahal, kata, Yohanes mayoritas masyarakat Desa Hilir Kantor tergolong masyarakat yang kurang mampu, alias berpenghasilan rendah, dimana seharusnya masyarakat miskin mendapatkan kemudahan membuat sertifikat gratis yang di programkan oleh Pemerintah.

Ia mengatakan, tidak semestinya Badan Pertanahan Kabupaten Landak terus memprioritaskan pembuatan sertifikat tanah di Desa –desa perdalaman. Dimana seharusnya hal tersebut harus adil, dan tidak memandang sebelah mata saja.

“ Mayorits masyarakat Desa Hilir Kantor ini berpenghasilan rendah. Sementara mereka sangat berkeinginan untuk membuat sertifikat lahan maupun sertifikat rumah mereka. Namun hal tersebut tidak dapat dilaksanakan lantaran masyarakat ini tidak memiliki uang yang cukup untuk pembuatan setifikat.

Begitu sangat pentingnya pembuatan sertifikat bagi lahan maupun rumah masyarakat untuk menjamin kepastian hukum atas rumah dan tanah yang mereka miliki.

Namun kenyataan yang terjadi masyarakat kecil di Desa Hilir Kantor ini sangat kesulitan untuk membuat sertifikat atas hak milik mereka lantaran tidak memiliki biaya yang cukup. Salah satunya cara untuk dapat memiliki setifikat tanah atas hak milik mereka adalah dengan mengikuti prona  sertifikat seperti yang didilakukan BPN selama ini.

“ Kami menghendaki dimana untuk menolong masyarakat yang kurang mampu agar BPN Kabupaten Landak segera menyalurkan prona sertifikat tanah bagi masyarakat Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang ini, ”pungkas Yohanes./ya’dan


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *