Banyak Pengendara Sepeda Motor Pakai Maker Tapi Tidak Pakai Helm

POSTKOTAPONTANAK.COM

BENGKAYANG – Banyak hal yang sudah dilaksanakan oleh Satlantas Polres Bengkayang untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), salah satunya memakai masker saat berkendara. Uniknya, banyak pengendara motor menggunakan masker, tapi tidak pakai helm.

Banyaknya pengendara yang tidak memakai helm ini ditemukan saat melakukan kegiatan Razia keselamatan Cegah Covid-19 yang berlokasi di Jl. Ngura Bengkayang, Jum’at (8/5/2020).

Kasat Lantas Polres Bengkayang Iptu Tri Teguh Mulyono, S.H. mengatakan peraturan lalu lintas sudah sangat jelas, semua pengendara motor wajib menggunakan helm SNI selama berkendaraan.

“Lucu juga kalau saat ini pengendara pakai masker tapi tak pakai helm. Helm tak kalah pentingnya dengan masker karena berfungsi untuk mencegah cedera fatal pada kepala,” ujarnya.

Sebanyak kurang lebih 20 pengendara sepeda motor yang ditemukan menggunakan masker tapi tidak menggunakan helm.

Tri Teguh pun heran dengan tingkah pengendara motor seperti itu. “Pengendara di Indonesia ini unik-unik. Momennya corona, yang dipakai masker, helm malah tidak dipakai,” katanya.

“Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di dunia cukup tinggi. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setiap tahun sekitar 1,35 juta orang tewas karena kecelakaan lalu lintas. Angka itu lebih tinggi dari angka kematian akibat virus corona yang mencapai 200 ribuan nyawa,” kata Tri Teguh.

“Artinya, memakai helm saat berkendara juga tak kalah penting. Jadi, sebaiknya pemotor tak hanya mementingkan pakai masker, tapi juga harus pakai helm,” katanya./*

(KUR)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *