Banjir Genangi Jalur Transportasi Kecamatan Menyuke Hingga 1 Meter

Poskotapontianak.com

Landak – Curah hujan yang tinggi berakibat ruas jalan Darit – Bengkayang pada pukul 23.49 wib Hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 kedalaman air mencapai 40cm hingga 1meter, sehingga tranportasi darat tidak bisa lewat di Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak. Jumat (26/06/2020).

Salah seorang warga di Kecamatan Menyuke mengatakan, bahwa arus tranportasi terputus jika mau ke bengkayang atau ke ngabang, dan harus melewati jalan anjungan, hal ini membuat air sungai meluap, dan sejumlah dataran rendah di daerah tersebut sudah digenangi air.

“Air sungai meluap, sehingga jalan raya tergenang air mencapai 40cm itu untuk didataran tinggi, kalo dataran rendah air mencapai 1 meter tingginya sehingga tranportasi kendaraan yang lewat harus menempuh jalan dari Anjungan,” ucap warga.

Disampaikan, karena curah hujan tinggi sehingga debiy air meningkat menyebkan rumah warga terendam oleh air hingga ke jakan raya. Ini terjadi sudah dari 1 minggu yang lalu sampai ada warga yang sempat memindahkan barangnya ke tempat yang tinggi dan selain itu juga ada yang memindahkan barangnya ke lantai atas rumah.

Menurutnya sampai sekarang air masih tinggi untuk di Kecamatan Menyuke, warga masyarakat masih bertahan dirumah masing-masing melihat keadaan lebih lanjut, dan jika pun ini juga masih tinggi, akhirnya warga akan mengungsi ke daerah yang aman dari banjir.

“Untuk saat sekarang warga masih bertahan di rumah masing-masing, ada yang tinggal di lantai atas rumah dan ada juga membuat tempat dengan kayu agar tidak terkena banjir,” ucap warga.

“Sampai sekarang belum ada warga yang mengungsi, mungkin untuk hal itu sangat merepotkan warga, selama masih bisa bertahan, kami bertahan dulu, jika pun nantinya air ini lebih tinggi lagi, maka kami akan mengungsi,” jelas warga.

“Dengan adanya kejadian ini, kami perlu perhatian dari pemerintan kabupaten, saat sekarang kami lagi perlukan kesehatan warga agar tidak terkena penyakit dan bahan keperluan sehari-hari karena akses jalan yang tidak bisa di lewati karena banjir,” harap warga.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *