Babinsa Peduli Kesehatan Warga Sei Tatas Malalui Jambanisasi

Kapuas, Selasa (25/6/19) – Babinsa Koramil 1011-05/Sei Tatas Kodim 1011/Kuala Kapuas, Serda Musono melaksanakan jambanisasi untuk membantu meringankan beban masyarakat dan mendukung Program Sanitasi Pemerintah Daerah dengan melalui Program Karya Bhakti TNI Satkowil Tahun 2019,
yang berlokasi di Desa Narahan, Kec. Pulau Petak, Kab. Kapuas, Kalteng.

Program Karya Bhakti Jambanisasi ini merupakan tindak lanjut program dari Komando atas dan hasil koordinasi dengan pihak desa setempat, selain itu adanya himbauan dari Pemerintah Desa masih adanya warga yang buang air besar sembarangan. Program Karya Bhakti TNI Satkowil Tahun 2019 kali ini menyasar Desa Narahan sebanyak empat unit jamban.

Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., mengatakan, fungsi dari jamban tersebut adalah sebagai penyedia sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat, sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan.

“Kegiatan pembuatan jamban ini merupakan wujud Kepedulian TNI terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, diharapkan dengan kegiatan ini dapat memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ujarnya.

Dandim juga menambahkan, pembuatan jamban ini bagi masyarakat yang kurang mampu sebagai wujud kepedulian Kodim 1011/Klk terhadap kondisi masyarakat di wilayah binaannya yang belum memiliki jamban. Karena kondisi kehidupan masyarakat tanpa memiliki jamban, apabila dibiarkan berlarut-larut akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dan warga itu sendiri.

“Yang terpenting masyarakat bisa hidup sehat dengan memiliki jamban di rumah, mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *