Babinsa Koramil 1011-02/KH Sosialisakan Pencegahan Bencana Banjir di Desa Binaan

Kapuas, Rabu (19/6/19) – Dalam rangka mencegah terjadinya bencana banjir Babinsa Koramil 1011-02/Kapuas Hilir, Serka Abdurahim dan Serda Feriawan memberikan sosialisasi pada masyarakat binaanya di Desa Sei Asam dan Desa Bakungin, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Dalam sosialisasi tersebut Serka Abdurahim dan Serda Feriawan mendatangi langsung rumah-rumah warga yang tinggal di bantaran Sungai Kapuas. Hal ini disampaikan Komandan Kodim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P saat di Makodim.

Disampaikan juga, dalam sosialisasi tersebut Babinsa memberikan himbauan dan larangan pada warga di sekitar bantaran Sungai Kapuas agar tidak membuang sampah di sungai. Karena dapat menyumbat aliran sungai yang dapat menyebabkan terjadinya banjir serta menimbulkan penyakit.

“Selain itu warga juga diberikan arahan apabila ada tanda-tanda akan terjadi banjir agar segera melaporkan kepada RT dan Babinsa sehingga mempermudah petugas untuk melaksanakan langkah-langkah evakuasi,” kata Dandim.

Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P menghimbau agar masyarakat menata lingkungan dengan melibatkan pihak-pihak terkait, guna mewujudkan lingkungan yang strategis dan terhindar dari gangguan bencana banjir.

Kemudian masyarakat agar mewaspadai terhadap aliran sungai yang tidak termonitor, untuk itu perlu kiranya masyarakat pada musim penghujan seperti ini melakukan pengawasan handil-handil yang ada di desa Sei Asam, ujar Dandim.

Bapak Aserani (42 Thn) selaku Kepala Desa Bakungin sangat berterima kasih kepada Babinsa Serka Abdurahim dan Serda Feriawan atas kepeduliannya dalam usaha mengantisipasi bencana banjir kepada warganya. Mengingat Desa Bakungin berada di daerah aliran Sungai Kapuas bila saat musim hujan dan terjadinya pasang tinggi menyebabkan air meluap. (Pendam XII/Tpr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *