Babinsa 1013-12/Tanah Siang, Ajak Warga Cegah Karhutla

Murung Raya, Senin (27/5/19) – Babinsa Koramil 1013-12/Dirung Lingkin, Serda Sudiarto beserta Muspika dan BPBD Tanah Siang Selatan melaksanakan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bertempat di aula Kec. Tanah Siang Selatan, Kab. Murung Raya, Kalteng.

Kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan instruksi dari komando atas, dalam hal ini Komandan Kodim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan, S.I.P., memerintahkan kepada Danramil jajarannya agar para Babinsa melaksanakan Komsos tentang sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.

Dandim juga menuturkan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk menghindari kebakaran hutan. Kegiatan ini rutin digelar agar masyarakat yang memiliki lahan di kawasan hutan agar tidak melakukan pembakaran sembarang.

“Karhutla dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang ada di sekitar kita, selain mengganggu kesehatan juga terjadinya polusi pada udara,” jelas Dandim.

Sementara itu Dandim menjelaskan, bahwa setiap pelaksanaan komunikasi sosial (Komsos) para Babinsa ikut serta memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak ikut melakukan pembakaran hutan dan lahan. Dengan tujuan agar bersama-sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tanah Siang Selatan.

“Penyebab dari kebakaran hutan dan lahan terjadi, diduga akibat kecerobohan dalam membuka lahan itu sendiri dengan alasan sudah menjadi tradisi, juga dapat menghemat biaya dan tenaga,” tutup Dandim.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Camat Tanah Siang Selatan Bpk. Stardian S.Sos M.Eng, Babinsa Koramil 1013 -12/DL Serda Sudiarto, Kapospol Tanah Siang Selatang Aipda Suhendro, Sekban BPBD Kab. Murung Raya Bpk. Mujib Noor R beserta anggota 6 orang, Demang dan Kades se-Kec. Tanah Siang Selatan beserta Perangkat Desa/RT serta Peserta sosialisasi. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *