ASOPS DANLANTAMAL XII PONTIANAK HADIRI APEL GELAR PASUKAN OPERASI KEPOLISIAN KEWILAYAHAN BINA KARUNA KAPUAS-2019 POLDA KALIMANTAN BARAT


PONTIANAK – – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) yang diwakili oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Herianto T. Angi, S.E. menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Karuna Kapuas-2019 Polda Kalimantan Barat dalam rangka pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bertempat di Halaman Mapolres Kapuas Hulu Jalan Angkasa Pura II Kab. Kubu Raya Kalimantan Barat, Rabu (24/7/2019).

Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Karuna Kapuas-2019 Polda Kalimantan Barat dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Polisi Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. yang dalam sambutanya menyampaikan bahwa Apel yang dilaksanakan di Kubu Raya karena Kubu Raya merupakan daerah yang sangat rawan kebakaran.

Saat ini, lanjutnya Kalimantan Barat merupakan daerah yang menyumbangkan asap terbanyak di Indonesia, selain wilayahnya yang luas. Kalbar juga sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Sedangkan didaerah itu sendiri yang sangat banyak terjadi kebakaran ialah di kabupaten Kubu Raya.

Selain itu Kapolda juga menyampaikan dalam sambutanya bahwa dampak terjadinya kebakaran memicu perekonomian, merusak kesehatan, lingkungan dan sebagainya “Merusak otak bagi anak-anak dibawah 5 tahun, ibu hamil, lansia seterusnya sakit dan sebagainya, yang menimbulkan penyakit infeksi saluran pernapasan atau ISPA, menghambat transportasi penerbangan, menghambat pertumbuhan ekonomi, beberapa aspek dari timbulnya tahun 2015 merupakan fenomena terjadinya kebakaran hutan terbesar di Kalimantan Barat,” tegas Kapolda Kalbar.

Semantara itu diakhir sambutannya Kapolda Kalbar berharap bahwa kita semua mampu memberikan kontribusi positif dalam mencegah dan menemukan solusi di Kalbar. Marilah kita semua bersama-sama untuk bersatu padu, bahu membahu untuk memberikan solusi bagi permasalahan di Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini, Kita lakukan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga tujuan dari operasi ini benar-benar dapat berjalan dengan lancar dan tercapai atas apa yang diharapkan oleh seluruh warga Kalimantan Barat.

Apel Gelar Pasukan terdiri dari pasukan gabungan TNI, dan Polri. Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Karuna Kapuas-2019 Polda Kalimantan Barat, Kapolda Kalbar bersama dengan para undangan mengecek kesiapan Pasukan dan Alat Pemadam Kebakaran (Damkar), Turut hadir pada Apel Gelar Pasukan tersebut Perwakilan Pangdam XII/Tpr, Perwakilan Lanud Supadio, Wakapolda Kalbar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar dan Kepala Kantor SAR Pontianak.

Sumber : Dispen Lantamal XII Pontianak.
Publish : Udin Subari / 0812 5650 6066 /Postkotapontianak.com


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *