ASN Kemenag Mempawah Serahkan Ribuan Kantong Daging Qurban

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH KALBAR – Pandemi Covid-19 tak menyurut semangat ASN Kemenag Mempawah melaksanakan ibadah qurban. Pada Idul Adha 1441 H ini, Kemenag Mempawah menyembelih 25 sapi. Sebagian, hewan qurban dibagikan ke 9 kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Hewan qurban yang disembelih di Kantor Kemenag Mempawah hanya 8 sapi saja, sedangkan sisanya disebar di 9 kecamatan,” jelas Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Mempawah, H Mi’raj, Sabtu (01/08/2020) pagi.

Hewan qurban di distribusikan ke kecamatan, terang H. Mi’raj dikoordinir oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA). Total ada 15 sapi yang disebar di 9 kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat merasakan manfaat dan kebahagiaan dari daging hewan qurban ASN Kemenag Mempawah. Terlebih saat ini pandemi Covid-19, kondisi perekonomian masyarakat sedang tidak stabil,” ucapnya.

Lebih jauh, H. Mi’raj memuji semangat ASN Kemenag Mempawah menunaikan ibadah qurban. Dengan keikhlasan dan kerelaan hati, ASN Kemenag Mempawah mengeluarkan sedikit rezeki melalui gaji yang tiap bulan ditabung untuk membeli hewan qurban.

“Kami tidak pernah mewajibkan atau memaksa ASN Kemenag Mempawah untuk berqurban. Melainkan kesadaran dan keikhlasan ASN itu sendiri untuk berqurban. Dan ibadah qurban ini sama sekali tidak dianggarkan,” tegasnya.

Terkait pembagian daging qurban, Mi’raj menerangkan, penyalurannya diprioritaskan untuk tiga kalangan. Yakni, si pemilik hewan qurban, masyarakat dilingkungan Kemenag Mempawah serta masyarakat yang dinilai berhak mendapatkan hewan qurban sesuai syariat Islam.

“Dalam proses penyalurannya, kita tidak menggunakan sistem kupon. Namun, sebelumnya telah dilakukan pendataan sesuai kriteria yang ditetapkan. Mulai dari masyarakat tak mampu, pondok pesantren hingga panti asuhan,” paparnya mengakhiri.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *