Apes….Sholat Subuh, Laptop dan HP Herry Digondol Maling

KUBU RAYA – POSTKOTAPONTIANAK.COM-Nasib apes menimpa Herry Ray, warga Perumnas IV Blok 15 Desa Ampera Raya Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Ia kehilangan sebuah laptop merk Assus warna biru dan sebuah hanphone merek OPPO A12 yang disimpan di meja ruang tamu, saat ditinggal sholat subuh berjamaah di surau dekat rumahnnya, Sabtu (16/04/2022).

Menurut Herry, kejadian terjadi sekitar pukul 04.25 Wib. Pasalnya, sebelum meninggalkan rumah laptop dan hanphone tersebut masih terletak di atas meja. “Pada saat saur anak saya masih maen game di HP yang hilang. Setelah azan subuh saye dan anak saye berangkat ke surau dekat rumah. Tapi celakenye sampai dirumah HP dan laptop saye uda tak ade agek ditempatnye,” ungkap Herry, dengan logat melayu yang kental.

Herry, mengaku teledor karena saat berangkat ke surau untuk menunaikan sholat subuh berjamaah lupa untuk mengunci pintu rumah. Sementara didalam rumah hanya ada istrinya yang tengah tertidur. Atas kejadian tersebut Herry, ditaksir menelan kerugian jutaan rupiah dan berniat melaporkan kejadian pencurian ini ke polisi, karena khawatir banyaknya dokumen penting di laptop dan hp yang dicuri.

Sementara itu dimintai komentarnya terkait aksi pencurian tersebut, Kepala Dusun Perumnas IV Sofianto, mengatakan bahwa aksi tindak pidana pencurian dibulan puasa biasanya cenderung meningkat diwilayah Perumnas IV. “Kami imbau kepada warga untuk berhati-hati menjaga harta bendanya. Ini sebagai antisipasi tindak kejahatan selama Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Sofianto.

Berikut 11 Tips aman menghindari kejahatan saat Ramadan:
1. Selalu mengunci rumah saat ditinggal pergi, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat.
2. Menempatkan atau menitipkan barang-barang berharga di tempat yang aman.
3. Memberitahukan kepada tetangga atau kepada petugas keamanan, apabila ada orang tidak dikenal yang mencurigakan berkeliaran di sekitar rumah.

4. Mempersiapkan nomor/kontak pihak berwajib agar langsung bisa melaporkan apabila terjadi tindak kejahatan.
5. Meminta pengawalan aparat apabila ingin mengambil uang dalam jumlah yang besar.
6. Usahakan ada yang menemani ketika bepergian.

7. Hindarilah bepergian dengan melewati jalan sepi, terlebih sendirian. Jika memang ada rute harus melewati jalan sepi, ubahlah arah yang dapat memberikan semacam penerangan. Pilihlah jalan yang dihuni atau pemukiman. Biasanya jalanan sepi memang rawan tindak kejahatan.

8. Berhati-hatilah dengan orang yang sok akrab yang mengajak kita bicara.
9. Bersikaplah tenang jika berhadapan dengan orang-orang yang mencegat dan atau bertemu di jalan. Sikap tenang akan memberikan inspirasi tindakan paling tepat. Jangan tampakkan wajah takut dengan gertakan penjahat. Hadapilah gertakan itu seraya memandangnya dengan pandangan teduh dan bersahabat.

10. Apabila penjahat sudah mulai bertindak segeralah anda berlari sambil berteriak minta tolong, sehingga memancing perhatian warga. Dengan begitu penjahat akan panik dan takut.

11. Apabila penjahat berhasil kabur, ingat-ingatlah wajahnya dan ciri-ciri fisik pelaku, catat/hafal nomor kendaraan apabila membawa kendaraan agar memudahkan pihak berwajib dalam mencari tersangka. Yang paling penting adalah jangan panik menghadapi situasi terdesak. Usahakan dalam keadaan tenang sehingga tau apa yang kemudian dilakukan. (kli)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.