Apel gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Melawi – poskotapontianak.com, Kepolisian Resor Melawi menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas dalam Rangka Pengamanan Menghadapi Pemilu Tahun 2019 di Terminal Bus Sidomulyo, Jumat (22/3/2019) pagi.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si bertindak sebagai Inspektur Apel menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak dan masif di seluruh Indonesia tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan melibatkan TNI-Polri dan komponen masyarakat.

Selain personel TNI dan Polri, apel gelar pasukan juga diikuti anggota Satpol PP, Damkar Bakti Mulia, Satpam, Saka Bhayangkar, Linmas, serta sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kabupaten Melawi.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut Kapolres Melawi AKBP Ahmad fadlin membacakan sambutan Menko Polhukam RI. Selain itu, juga dibacakan ikrar bersama pengamanan swakarsa Indonesia oleh Organisasi Kemasyarakat (Ormas) yang ditunjuk.

Apel ini jelas Kapolres Melawi bertujuan untuk menunjukkan Negara didukung oleh rakyat untuk serius dan bertanggungjawab agar pergelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berintegritas.

Kapolres Melawi dalam apel menghimbau seluruh TNI-Polri yang terlibat dalam pemilu 2019 untuk mewujudkan sinergitas bersama masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat diatasi, dikoordinasikan bersama sehingga selesai tanpa ada imbas buruk.

Lanjut Kapolres, “Selain itu dalam pemilu serentak 2019 yang akan dilaksanakan, harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah untuk terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong (hoax) yang berdampak kerusuhan,” Tegasnya.

Kapolres Melawi juga mengajak para Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada tingkat desa/kelurahan karena wilayah bersangkutan merupakan wilayah kerjanya dalam pemilu 2019 mendatang.

“Pengamanan pemilu serentak 2019 merupakan kehormatan dan kebanggaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun”, jelasnya.

Kapolres kembali mengingatkan sekaligus mengajak para peserta apel untuk segera mencari, mengenali dan mengatasi ancaman yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemilu serentak.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama, adat dan masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dedi Suparjo, S.Pd.I Ketua KPU Kabupaten Melawi, Erwin Nurjadin, SE. I Komisioner Bawaslu Kabupaten Melawi, Waka Polres Melawi Kompol Jajang, S.Kom, Kabag Ops AKP Sofyan, Para Kabag, Kasat, Kasi Polres Melawi, Lettu Infantri Bintang Danki Yonif 642 Kapuas, para Danramil, Para Kapolsek Jajaran Polres Melawi, Kapten Cpm M. Sinisuka Ginting ( Dansubdenpom XII /1-3 Melawi, Para pimpinan instansi BUMN, BUMD, Para Caleg, Para Toga, Todat dan Tomas Kabupaten Melawi.

Selesai melaksanakan Apel Gelar Pasukan, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si didampingi oleh PJU Polres Melawi, Ketua KPU, Komisioner Bawaslu, Para Caleg dan para tamu undangan, melaksanakan pemeriksaan sarana dan prasarana penunjang pengamanan Pemilu 2019 milik Satker Polres Melawi.

“Semua energy akan kami kerahkan semuanya, untuk melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 agar berjalan dengan aman dan lancar. Alat APAR ini juga akan kami geser kegudang logistik KPU Kabupaten Melawi, karena alat ini sangat bermaanfaat dan di Gedung Serbaguna (Gudang Logistik) tersebut belum ada dilengkapi alat ini kan,” Tanya Kapolres Melawi.

Mendengar pernyataan Kapolres Melawi, Ketua KPU Kabupaten Melawi Dedi Suparjo mengaku sangat berterima kasih. “Karena apar ini memang sangat dibutuhkan di Gudang Logistik KPU untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkapnya./Jon

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *