Apel Besar Penanggulangan Kebakaran Hutan Kalbar

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM -Apel Besar Penanggulangan Kebakaran Hutan Kalbar yang digelar di Halaman Mapolda Kalbar Senin 6-3-2017 diikuti oleh 5.000 an peserta dari yayasan pemadam kebakaran KKR dan Kota Pontianak dan unsur mastarakat lainnya.

Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnivian MA Phd./ (try)
Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnivian MA Phd./ (try)

Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnivian MA Phd.mengatakan bahwa masalah lebakaran hutan bukan cuma masalah KalBar tapi sudah menjadi masaah dunia.

Kalbar sebagai salah satu penyumbang terbesar masalah asap. Setiap tahunnya menyumbang polusi asap. Dengan lagan gambutnya yang luas asap menjadi masalah. Kalau lahan gambut yang terkena api maka pemadaman akan sia sia. Untung ada Elnina yang membantu padaman.

Pencegahan akan menjadi hal yang penting. Strategi utama pemerintah, menurut Kapori adalah pencegaham sebelum terjadinya lebakaran.

Ada anggaran khusus untuk kanalisasi, sosialisasi, tanah ulayat dan membuat mekasne dan kesiapan. Agar membersihkan lahan tanpa membakar bisa dilakukan.

Ia juga menyarankan agar pemda membuat team satgas untuk cepat bertindak. Mulai dari TNI Polri, BNPB, Babin kamtibmas, babinsa dan masyarakat agar proaktif. Satgas yang didahulukan membangun jaringan titik api.

Apel ini menunjukkan kesiap siagaaan Kalbar dalam antisipasi lebakaran hutan. Apresiasi untuk Kalbar yang pertama yang menjalanlan apel ini. Tito berharap agar wilayah lain juga melaksanakan apel kesiap siagaan yang sama. (Tri)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *