Antisipasi Laka Lantas Dishub dan Sat Lantas Polres Mempawah Pasang Rambu di Sejumlah Ruas Jalan yang Rusak

POSTKOTApontianak.com

MEMPAWAH : Mengantisiapsi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Kabupaten Mempawah, petugas melakukan pemasangan rambu peringatan di sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan. Salah satunya badan Jembatan Desa Bakau Kecil yang terjadi penurunan. Dikhawatirkan kerusakan itu dapat memicu kecelakaan lalu lintas.

Pemasangan rambu peringatan di sekitar Badan Jembatan Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur itu dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan bersama Satuan Lalu Lintas Polres Mempawah, Jumat (22/05/2020) siang. Petugas memasang banner berukuran kurang lebih 2 meter. Banner peringatan itu dipasang dipinggir jalan dengan jarak 100 meter sebelum titik kerusakan badan jembatan.

“Kami melakukan pemasangan banner peringatan ini sebagai upaya mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kerusakan badan jembatan di Desa Sungai Bakau Kecil ini,” terang Kasi Lalu Lintas dan Angkutan, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah, Tri Gionto, S.Tr bersama Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Dwi Dyo Prihantoro.

Tri menjelaskan, kerusakan badan jembatan di Desa Sungai Bakau Kecil itu cukup membahayakan pengendara. Terlebih bagi pengendara roda dua. Sebab, terjadi penurunan badan jembatan hingga berpotensi menyebabkan pengendara hilang keseimbangan.

“Salah satu sisi badan jembatan menurun. Nah, bagi pengendara yang tidak mengetahuinya maka sangat berbahaya. Kendaraan akan kehilangan kendali dan kesimbangan saat melewati badan jembatan. Ini bisa menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan,” pendapatnya.

Karena itu, Tri memandang pentingnya keberadaan rambu peringatan agar pengendara dapat mengetahui kerusakan badan jembatan tersebut. Melalui peringatan yang dipasang di banner itu, pengendara dapat berhati-hati dan memperlambat laju kendaraannya saat melewati badan jembatan.

“Terlebih bagi pengendara dari luar kota yang tidak mengetahui medan jalan di Kabupaten Mempawah. Maka, melalui banner peringatan ini masyarakat bisa mengantisipasi dengan memperlambat laju kendaraannya sebelum melewati badan jembatan,” tukasnya./*

( HMS )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *