Antisipasi Banjir, Kapolsek Siantan Bersama Jajarannya Lakukan Pemantauan & Pengecekan Debit Air di Dusun Parit Latung

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH ! JONGKAT – Pelaksanaan pemantauan dan pengecekan debit air di Desa Jungkat Kec. Jongkat Kab. Mempawah oleh Polsek Siantan.

Sabtu (6 Juni 2020) sekitar pukul 11.00 Wib bertempat di Jalan Parit Wan Saleh Dusun Parit Latung Desa Jungkat Kecamatan Jongkat telah dilaksanakan pemantauan dan pengecekan debit air Desa Jungkat Kec. Jongkat Kabupaten Mempawah oleh Polsek Siantan.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Siantan IPTU Tarminto, S.H yang didampimgi oleh Waka Polsek Siantan IPDA Erry Nurnahar dan anggota Polsek Siantan. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana banjir yang dapat berdampak terjadinya kerusakan sarana dan sarana serta pemukiman warga.

Hasil pemantauan dan pengecekan di beberapa lokasi di daerah pemukiman warga, diketahui bahwa di Jalan Parit Wan Saleh Dusun Parit Latung Desa Jungkat Kecamatan Jongkat debit air mengalami penambahan yaitu meningkat hingga ke halaman rumah warga dan persawahan sehingga hal ini dimungkinkan karena beberapa faktor antara lain.

 Adanya curah hujan dalam beberapa hari terakhir dimana parit yang berada di sepanjang jalan desa tidak mampu menampung debit air tersebut.

Keterangan yang dihimpun dilapangan beberapa warga menjelaskan, bahwa dimungkinkan karena kondisi parit yang kecil dan adanya sumbatan kanal dari parit menuju sungai sehingga airnya tidak mengalir secara keseluruhan ke sungai.

Selain itu adanya lokasi perkebunan yang lokasinya berdekatan dengan perumahan penduduk sehingga tidak ada lagi tanaman yang mampu menampung resapan air.

Pelaksanaan pengecekan pemantauan dan pengecekan debit air di lokasi pemukiman warga sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana banjir yang dapat berdampak terjadinya kerusakan sarana dan sarana serta pemukiman warga.

Dengan naiknya debit air yang merendam halaman rumah warga dan lokasi persawahan dapat berdampak terganggunya aktivitas warga yang akan bekerja dan bercocok tanam.

Adanya genangan air di beberapa lokasi jalan di sekitar pemukiman penduduk dapat berdampak terjadinya kerusakan sarana dan sarana sehingga akan berpengaruh terhadap terganggunya aktivitas angkutan hasil perkebunan masyarakat.

Selalu melakukan koordinasi dengan Camat Jongkat untuk dapat bersama – sama melakukan peninjauan lokasi pemukiman yang mengalami kemaikan debt air sehingga dapat dilakukan upaya penanggulangan.

Unit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Siantan melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi yang terdampak naiknya debit air dan memberikan himbauan agar warga tetap berhati – hati dan waspada./*

(Hms Res Mpw)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *