Anak Bawah Umur Bawa Uang Puluhan Juta Hasil Curian di Kota Singkawang

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – – Unit Reskrim Polsek Sungai Pinyuh Polres Mempawah, dengan gesit berhasil gerak cepat sekitar pukul 06.30 wib, berhasil mengamankan seorang anak dibawah umur yang melakukan tindak pidana pencurian uang brangkas di masjid kota Singkawang Tengah Kota Singkawang, penangkapan ini dilakukan pada salah satu tempat penginapan BB di kota Sungai Pinyuh Mempawah. Rabu (01/07/2020).

Anak dibawah umur ini merupakan warga Kota Singkawang, dimana melakukan aksi pencurian brangkas masjid di wilayah Singkawang Tengah Kota Singkawang, dengan berhasil membawa kabur uang jutaan rupiah.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Sungai Pinyuh Kompol M. Pangaribuan, membenarkan keberhasilan jajarannya meringkus pelaku pencurian yang beraksi di wilayah Kota Singkawang. Pelaku berinisial FMP (15), warga Kota Singkawang.

Menurut Pangaribuan, penangkapan terhadap FMP bermula dari kecurigaan tukang ojek berinisial BY(30) yang mengantarkan pelaku ke Penginapan Bulan Bintang Sungai Pinyuh. Saat itu, BY secara tidak sengaja melihat FMP membawa uang dalam jumlah banyak.

Curiga dengan gerak-gerik FMP, si tukang ojek pun melapor ke Anggota Polsek Sungai Pinyuh. Mendapatkan laporan itu, Panit II Reskrim Polsek Sungai Pinyuh Ipda Dewa Made Surita, SH beserta Kanit SPKT Aiptu Gendut Irianto melakukan pengecekan.

Petugas mendatangi Penginapan Bulan Bintang yang menjadi tempat pelarian FMP. Setelah berkoordinasi dengan pemilik penginapan, petugas pun melakukan penggeledahan. Dan benar saja, saat digeledah FMP dan barang bukti hasil kejahatannya berhasil ditemukan petugas.

FMP pun tak dapat mengelak lagi. Dia mengakui telah melakukan pencurian berangkas masjid di kawasan Singkawang Tengah beberapa waktu lalu.

Selain mengamankan FMP, polisi juga mendapatkan sejumlah barang bukti berupa uang tunai Rp.14.806.200,-, satu unit handphone, dua santer kepala dan kwitansi penginapan selama tiga hari sejak tanggal 30 Juni 2020. Tak hanya itu, petugas juga menemukan bon pembelian perlengkapan memancing dengan total Rp 5.393.000,-.

Setelah itu, Polsek Sungai Pinyuh berkoordinasi dengan Polsek Singkawang Tengah untuk penanganan hukum lebih lanjut. Sekitar pukul 10.00 WIB, pelaku dijemput oleh Kanit Reskrim Polsek Singkawang Tengah tiba di Polsek Sungai Pinyuh dan dilakukan penyerahan terhadap pelaku dan barang bukti.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *