Alan Sambut Baik, Operasional Bandara Sungai Tebelian

Sintang-Anggota DPRD Sintang Alan menyambut baik, rencana di operasikannya Bandara Tebelian (Tebelian Airport) yang terletak di Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.

Dikatakannya, selaku wakil rakyat pihaknya, tentu snagat mengharapkan, Bandara Tebelian bisa beroperasi, guna menunjang dunia penerbangan dari dan ke Kabupaten Sintang dan wilayah sekitarnya, pasalnya kalau Bandara Tebelian sudah operasi tentu akan menjadi nilai lebih dan perekonomian masyarakat akan terbuka luas,ungkap Politikus PDI Perjuangan ini kepada awak media ini (20/2)lalu.

Hal serupa juga disampaikan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Hardoyo mendukung penuh bandara Tebelian segera dioperasionalkan. Presiden Jokowi bisa hadir lansung untuk meresmikan begitu diharapkan. Kehadiran Presiden dipandang akan memberikan efek besar bagi pembangunan dikawasan timur Kalimantan Barat.

“peresmian bandara harus dipercepat. Keberadaan bandara Tebelian sudah menjadi kebutuhan,” kata Hardoyo Rabu(20/2). Menurut Hardoyo bagi sisi keamanan posisi bandara Susilo sudah tidak mendukung. Berada ditengah kota dan dekat pemukiman penduduk. Pertimbangan keselamatan penerbangan mesti menjadi perhatian. Kawasan bandara disebutnya perlu lokasi yang steril jauh dengan ativitas masyarakat ramai.

Ujung landasan bandara susilo cukup dekat dengan jalan MT Haryono. batasnya hanya pagar kawat. Pesawat mendarat maupun lepas landas sangat terlihat jelas dari jalan MT Haryono. Pantauan Pontianak Post tidak jarak pengendara sengaja berhenti untuk melihat pesawat saat lepas landas maupun mendarat. Karena itu operasional bandara Tebelian dipandang sudah sangat diperlukan. Ia menilai kehadiran bandara Tebelin akan memberi dampak positif bagi kemajuan Daerah.

Pelayanan rute penerbangan dengan melihat kapasitas bandara Tebelian sangat pantas tidak hanya untuk rute Sintang-Pontianak maupun sebaliknya. Namun harus bisa menghubungkan Sintang ke pulau Jawa secara lansung tanpa transit ke bandara Susilo Pontinak. “Bukan hanya pesawat kecil  tapi pesawat ukuran besar juga bisa mendarat di bandara Tebelian,” kata Hardoyo.(red)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *