AKSI SOSIAL DONOR DARAH DI MAKO YONMARHANLAN XII PONTIANAK

MEMPAWAH ( PKP ) : Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, tentang menjaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Segenap Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII Pontianak melaksanakan bakti kesehatan donor darah bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Mempawah bertempat di Aula Mako Yonmarhanlan XII Jl. Ahmad Rani, Mempawah, Kalimantan Barat. Kamis(02/06/2022).

Pelaksanaan kegiatan donor darah ini merupakan rutinitas pemenuhan stok darah PMI Mempawah yang mengalami keterbatasan dampak dari pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Untuk itu Kepala UDD PMI Mempawah, Ibu dr. Hj. Riska Susanti menugaskan Para Tenaga Medis maupun Non Medisnya dibawah pimpinan Bapak Ananda Widya Pratama, A. Md. AK dibantu Bintara Kesehatan Yonmarhanlan XII Serda Apm Daiyan Triko untuk menggelar kegiatan donor darah di Mako Yonmarhanlan XII Pontianak.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut prajurit Yonmarhanlan XII yang akan melaksanakan donor darah terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya meliputi pengecekan suhu tubuh, pengecekan timbang berat badan, pengecekan tekanan darah, timbang berat badan dan pemeriksaan Haemoglobin (Hb).

Kegiatan donor darah tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial dan bakti keluarga besar Yonmarhanlan XII untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Donor darah ini merupakan kegiatan yang sangat banyak manfaatnya disamping berguna bagi kesehatan pendonor juga menimbulkan rasa perikemanusian dan kepeduliaan untuk membantu sesama.

Seperti yang disampaikan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak, Mayor Marinir Anton Koerniawan, M. Tr.Opsla Disamping untuk menjaga kesehatan karena darah yang ditransfusikan akan tergantikan dengan darah yang baru, kegiatan ini juga wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap prajurit Yonmarhanlan XII dalam membantu masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Mempawah, ditengah kesulitan dan keterbatasan dampak dari pandemi Covid 19.

Lebih jauh dikatakan, mendonorkan darah seperti yang dilakukan Prajurit Korp Marinir Yonmarhanlan XII memiliki banyak manfaat, selain meluangkan waktu untuk kemanusiaan dan kebaikan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

“Karena setetes darah kita, dapat menyelamatkan jiwa sesama diharapkan donor darah yang disumbangkan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan”, pungkas Mayor Marinir Anton Koerniawan, M. Tr.Opsla.

Kegiatan donor darah berjalan dengan aman dan lancar dengan memperoleh 28 kantong darah dengan berbagai macam golongan darah yakni golongan darah A, AB, B, B+ dan golongan darah O./*

FS/BS.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.