Agustinus Menyatakan Pihaknya Akan Mendukung Langkah Pemkab Sintang Memperjuangkan Penyelesaian Sengketa Batas Antara Kabupaten Sintang Dan Sekadau,

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agustinus RJ menyatakan pihaknya akan mendukung langkah Pemkab Sintang memperjuangkan penyelesaian sengketa batas antara Kabupaten Sintang dan Sekadau, tepatnya batas wilayah administrasi antara Desa Bungkong Baru dan Desa Sunsong.

“Kami mengapresiasi perjuangan Pemkab Sintang dalam menyelesaikan batas ini.

Saya mendorong agar terus diperjuangkan, kami wakil rakyat mendukung supaya tidak menimbulkan konflik sosial dimasa yang akan datang,” kata Agustinus.
Agustinus memastikan akan menyampaikan persolan ini ke DPRD Provinsi Kalbar untuk mengeluarkan desakan agar dapat membantu menyelesaikan sengketa batas ini.
“Kami di DPRD siap mendorong penyelesaian. Kami harap ini bisa diselesaikan secara cepat,” harapnya.

Sengketa batas wilayah desa antar kabupaten Sintang dan Sekadau yang terjadi di Desa Bungkong Baru dan Desa Sunsong sudah berlangsung lebih dari 30 tahun.

Berbagai upaya sudah ditempuh oleh Pemkab Sintang untuk menyelesaikan sengketa batas yang menahun tak kunjung selesai dan berujung pada penyegelan fasilitas umum Desa Bungkong Baru, Kecamatan Sepauk, yang diduga dilakukan oleh oknum Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.

Terakhir Bupat Sintang, Jarot Winarno bahkan melayangkan surat permohonan ke Ditjen Bina Administrasi Kewilayahaan dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Kemendagri).

Surat permohonan tertanggal 27 Maret 2020 tersebut, tentang percepatan penyelesaian sengketa batas antara Desa Bungkong Baru, Kabupaten Sintang, dan Desa Sunsong, Kabupaten Sekadau./*

(LMB)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *