Agar Jadi Komponen Bangsa yang Diandalkan, Kodam XII/Tpr Gelar Pembinaan KBT

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Kubu Raya, Jum’at (19/6/20) – Untuk meningkatkan peran Keluarga Besar TNI (KBT) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan Pembinaan kepada Keluarga Besar TNI. Pembinaan dilaksanakan di Sport Center Supriyadi Makodam XII/Tpr.

Kegiatan pembinaan yang diikuti oleh para pemuda dari Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) ini mengambil tema, ‘Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) di Era Kekinian’.

Selain menerima pembekalan dalam kegiatan pembinaan ini para KBT juga diberikan materi seperti antara lain, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Penanggulangan Bencana.

Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Muhammad Asep Apandi dalam sambutannya yang dibacakan Pabandya Puanter Sterdam XII/Tpr, Letkol Inf Dodi menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pembinaan KBT merupakan tindak lanjut Kebijakan Pimpinan Angkatan Darat dalam memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI AD dengan keluarga besar TNI untuk kepentingan pertahanan negara dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok TNI AD.

“Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memupuk tali silaturahmi yang selama ini sudah terjalin agar semakin erat, serta akan terus melaksanakan pembinaan kepada keluarga besar TNI khususnya FKPPI dan PPM secara terencana, terprogram dan sesuai sasaran,” katanya.

Lanjutnya menyampaikan, keluarga besar TNI sebagai bagian dari masyarakat Indonesia secara historis memiliki hubungan yang sangat erat dengan TNI. Oleh karena itu, melalui pembinaan keluarga besar TNI, diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang erat, rukun dan damai, serta terciptanya komunikasi yang dialogis guna menciptakan situasi agar tetap kondusif di wilayah Kalimantan Barat. Tentunya hal tersebut berkaitan dengan peran tugas dan fungsi Kodam XII/Tpr dalam membantu pemerintah untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat dapat terwujud.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan Pembinaan keluarga besar TNI, diharapkan keluarga besar TNI khususnya FKPPI dan PPM menjadi komponen bangsa yang bisa diandalkan dalam tercapainya tugas pokok TNI AD,” pungkas Aster Kasdam XII/Tpr. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *