9 Pelajar Terjaring Oprasi Kamtibmas

Petugas temukan pasang di kamar hotel.(yhy pkp)
Petugas temukan pasang di kamar hotel.(yhy pkp)

PKP-SEKADAU, Guna mengantisifasi berbagai tindak kejahatan dan penyakit masyarakat, Kepolisian Resor Sekadau Jum’at (13/2/2015) sore melakukan oprasi pemeriksaan kendaraan bermotor di pertigaan Sekadau-Sanggau-Sekadau Hilir-Sekadau Hulu. Giat dilanjutkan dengan Oprasi Kamtibmas ke sejumlah kos-kos’an, penginapan dan tempat hiburan malam.

Kapolres Sekadau AKBP. Muslikhun melalui Kepala Bagian Oprasi (Kbag.Ops) Kompol Oon Sudarman yang memimpin langsung Opasi memaparkan hasil pemeriksaan kendaraan  bermotor didapati 44 pelanggaran administrasi kedaraan yang dikenakan tilang.

“Sasaran oprasi, kelengkapan administrasi kendaraan, kelengkapan kendaraan, barang ilegal atau terlarang, senjata api ilegal  dan bahan peledak,”ujar Sudarman.

Oprasi Kamtibmas.(yhy pkp)
Oprasi Kamtibmas.(yhy pkp)

Selanjutnya pukul 20.00. wib, Jum’at, malam bertepatan dengan malam perayaan Valentine Day bagi muda-mudi, Oprasi oleh Kepolisian
dilanjutkan pada Kamtibmas.

Dengan mengunakan 4 unit kendaraan roda empat, dan sepeda motor, petugas menyisir Kos-kos’an Jalan Abadi. Jl.Sintang, Kos-kos’an Jalan Murai Jl. Rawak, Kos-kos’an Jl.Tantama, Hotel Pelangi Jalan Merdeka Barat, Penginapan Hikmah Jln Pantai Kapuas dan Tempat hiburan malam (Cafe).

Satu persatu kos-kos,an di periksa petugas dengan hasil didapati beberapa remaja putra-putri yang masih bersatatus pelajar di beberapa sekolah setingkat SLTA bahkan SMP didapati berpasang-pasangan dan berkumpul ria di kos-kos’an di waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk belajar demi masa depan mereka.

Bahkan beberapa remaja putri yang berstatus pelajar di ketahui berasal dari kecamatan lain. Akibatnya, para pelajar ini di gelandang ke mobil Dalmas Polres Sekadau untuk di periksa.

Hal serupa juga dilakukan petugas kepada sejumlah hotel dan penginapan yang mana di beberapa tempat polisi mendapati pasangan bukan suami istri yang relatif masih berusia muda dalam satu kamar. Parahnya lagi di salah satu Hotel Jalan Merdeka Barat petugas mendapati sepasang remaja yang diindikasikan melakukan hubungan intim dimana saat di periksa remaja putri di dalam kamar tersebut dalam keadaan tidak berbusana hanya di tutupi selimut, sedangkan pasanganya mengenakan celana pendek dan bertelanjang dada.

Sedangkan disalah satu kos-kos’an jalan Tantama, petugas sempat beradu mulut dengan seorang pria yang enggan di bawa ke Polres Sekadau setelah didapati bersama seorang remaja putri di dalam sebuah kamar indekos.

Sampai dengan berakhirnya Oprasi Kamtibmas ini, petugas mengelandang 21 orang dimana 9 diantaranya berstatus pelajar putra dan putri, sedangkan 11 lainya pasangan bukan pasutri berusia muda.

Dari jumlah tersebut 3 orang di periksa secara terpisah termasuk lelaki yang sempat beradu mulut dengan petugas yang diduga mengunakan Narkotika dan menenggak Alkohol dimana setelah di tes urin didapati hasil yang hampir menunjukan positif pada urinnya.

“Untuk mereka yang masih berstatus pelajat akan kita panggil pihak sekolah dan orang tuanya, kita mediasi dan mereka harus  membuat surat peryataan tidak mengulangi perbuatanya,”jelas Kompol Sudarman.

Sedangkan bagi pasangan bukan suami istri yang tertangkap berdua di dalam kamar kos-kos’an, Hotel dan penginapan akan didalami. ” Jika ada unsur pindana akan diserahkan ke reskrim,” tegas Kabag.Ops.

Lebih jauh Kabag Ops menjelaskan, tujuan oprasi ini adalah untuk mencipta kondisi dan menurunkan angka gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Kepolisian Sekadau. ” Giat Ops ini akan dilaksanakan setiap minggu dengan waktu yang tidak menentu bisa malam, siang, sore atau subuh hari,” kata Sudarman.

Selain itu, Kabag Ops juga mengingatkan kepada pemilik  kos-kos  agar mengantongi ijin dari Pemda dan pihak pengelola harus memberikan tata tertib kos serta melapor kepada RT dan yang terpenting tidak mencampur kos pria dan wanita. ” Karena kalau di campur itu berpotensi menimbulkan hal-hal negatif,” tukasnya.

Secara umum, Perwira dengan satu bunga dipundak ini memaparkan kasus-kasus yang terjadi selama Januari sampai dengan pertegahan Februari 2015 yang ditangani Polres Sekadau antara lain, pembunuhan, Pencurian, curat, dan Narkotika.(Yahya).