597.989 Hektar Kebun Karet Rakyat

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat, Ir Florentinus Anum MM mengatakan bahwa target 1,2 Hektar kebun karet di Kalimantan Barat belum tercapai. Namun tidak menyurutkan Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar untuk terus mengembangkan komoditi no 2 terbesar di Dunia setelah Malaysia ini.

Secara regional produksi karet Kalbar ini ada dirangking 5 Nasional. Produksi karet KalBar saat ini adalah 280.179 Ton/Tahun. Produktifitas karet Kalbar ini masih jauh dibawah target Nasional yang berada di angka 2 Ton/Tahun, karena Kalbar baru diangka 0,8 Ton/Tahun per Hektarnya.

Untuk menaikan produktifitas menurut, Florentinus Anum bisa dengan intensifikasi karet. Saat ini harga karet ditingkat petani Rp 13.000 hingga Rp 17.000. Harga ditingkat petani ini tidak sama, karena pengumpul pun tidak mau rugi terutama dibiaya transfortasi.

Ia menambahkan bahwa investasi diperkebunan karet ini relatif sangat menguntungkan. Betapa tidak usia produktif karet bisa sampai 25-30 tahun. Penanaman dan perawatan yang mudah juga menjadikan karet sebagai tanaman primadona warga. Yuk berkebun karet. (T Wati ) // foto : ist //


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *