50 Orang Warga Malaysia, Berwisata ke Sintang

POSTKOTA PONTIANAK

SINTANG-Minggu, 30 November 2014 50 han Orang Warga Malaysia yang terdiri dari Sarakup Induk Dayak Sarawak (SIDS) dan Serikat Dayak National Union (SDNU) kunjungi Indonesia tepatnya di Kabupaten Sintang.

kunjungi sintangKunjungan tersebut guna mempererat kerjasama antar kedua Negara, yang juga memang baik SIDS maupaun SDNU masih merupakan rumpun dari Masyarakat Adat Dayak yang ada di Kabupaten Sintang tersebut.

Dalam kunjungan tersebut rombongan SIDS dan SDNU disambut hangat oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang dan Persatuan Perempuan Dayak Kabupaten Sintang (P2DKS).

Dalam kunjungan tersebut pada malam 29 November 2014 para wisatawan dijamu di Gedung PGRI Sintang, dan paginya 30 November 2014, rombongan melaksanakan Misa di Gereja Katolik Katetral Kristus Raja Sintang, usai ibadah rombongan langsung menuju ke Wisata Rohani Bukit Kelam sambil berjalan mengikuti jalan Salib.

Setelah berwisata di Wisata Rohani Bukit Kelam Rombongan menuju Situs Rumah Betang yang ada di Desa Ensaid Panjang.

Kedatangan Wisatawan dari Negeri Jiran Malaysia tersebut disambut dengan tari-tarian adat Dayak Sub Suku Dayak Desa, dan dilanjutkan dengan pemotongam ompong oleh Ketua Rombongan SIDS Puan Patrisia.

Ketika memasuki Rumah Betang, Tamu dan Wisatawan mancanegara tersebut diperciki, air oleh Ketua Adat Setempat Bintang, sebagai tanda ucapan selamat datang ditempat tersebut dan sebagai ucapan kepada sang pencipta agar Tamu dan wisatawan diberkati rejeki yang berlimpah serta umur panjang.

Di Rumah Betang Panjang Ensaid Panjang rombongan bertukar fikiran dengan penduduk setempat, dan Wisatawan diberi kesempatan untuk membeli oleh-oleh kerajinan masyarakat setempat seperti Sal, Kain Tenun dan oleh-oleh lainnya.

Menurut Ketua Rombongan SIDS Puan Patricia, mereka sangat bangga bisa datang di Indonesia, khususnya di Sintang, pasalnya mereka bisa bertemu dengan saudara serumpun mereka yang ada di Negara Indonesia.

Ia juga berterimakasih atas sambutan dan kerjasama masyarakat Sintang Negara Indonesia, dan ia juga berharap kunjungan kali ini bukanlah yang terakhir, namun menjadi awal kerjasama yang baik antar kedua Negara ini.(MS)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *