33.000 Rumah Siap Dibangun di KalBar

POSTKOTAPONTIANAK.COM 

( PONTIANAK ) – Kebutuhan Rumah setiap tahunnya selalu meningkat. Tidak terkecuali di Kalimantan Barat. Rumah tangga baru yang berusia antar 22 tahun hingga 40 tahun banyak sekalu. Dan ternyata mereka belum mempunyai rumah rumah.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perumahan Rakyat Kalbar, Ir Adi Yani, Target 33.000 rumah akan dibangun di Kalbar. Rumah itu akan dibangun bertahap hingga 2018.

Kali ini kita lakukan pemetaan. 33.000 rumah itu pembiayaannya hendaknya tidak serta merta menjadi tanggungjawab pusat. Harusnya kabupaten/kota juga menyiapkan dana untuk pembangunannya. Mungkin bisa 70:30 agar bisa sinergis.

Pembiayaan Perumahan ini bisa dengan beberapa cara. Bisa dari pemerintah langsung ke pengembang. Bisa dari pemerintah ke masyarakat.

Harga Rumah Sederhana saat ini sekitar 140 Juta. Dibawah type 36 dengan luas tanah 10×20 m atau 200 meter persegi. Itu aturan pusat.

Angka 33.000 itu, kata Adi Yani sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan perumahan di Kalbar. Namun memang setiap tahun angka itu akan selalu bertambah. Sesuai kebutuhan masyarakat.

Program pemerintah dengan 1.000.000 Rumah akan terus diupayakan. Kita akan penuhi semua Sarana Prasarana dan Utilitas nya (SPU).

Target Pemerintah Pusat 33.000 rumah itu dibangun di 4 kabupaten/kota yang tingkat angka kebutuhan rumahnya tinggi. 4 kabupaten/kota itu adalah Pontianak, Singkawang, Kubu Raya dan Ketapang. (try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *