300 Kapal Hias Warnai Karnaval Khatulistiwa

 Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, sebanyak 300 kapal motr air berparade mengarungi alur Sungai Kapuas hingga ke muara sungai dalam perayaan Karnaval Khatulistiwa yang merupakan rangkaian penutup pesta kemerdekaan Republik Indonesia ke 70.

Parade Kapal Hiasa Dalam Rangka Karnaval Khatulistiwa./ foto : Devi Lahendra
Parade Kapal Hiasa Dalam Rangka Karnaval Khatulistiwa./ foto : Devi Lahendra

Menampilkan dengan berbagai corak khas daerah masing-masing peserta yang terdiri dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dan ditambah lagi dari peserta asal kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat serta ditambah peserta dari negeri tetangga Sarawak.

Ratusan kapal berlayar beriringan dengan berbagai bentuk hiasan kapal maupun polesan warna warni kapal yang memberikan semarak dalam parade karnaval khatulistiwa.

Dengan menggunakan kapal yang disediakan oleh TNI Angkatan Darat, Jokowi beserta Ibu Negera didampingi oleh Gubernur Kalimantan Barat beserta istri dan para menteri kabinet kerja, mengarungi alur Sungai Kapuas yang mana selanjutnya bersandar di alun-alun masjid Jami’ Kesultanan Pontianak yang berada tepat ditepi bibire Sungai Kapuas.

“Inilah pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT RI ke 70, sungai mencerminkan bahwa kita Indonesia merupakan wilayah maritim, “ ucap Jokowi, pada wartawan.

Sejatinya tak hanya terlihat semarak dari hiasan setiap perahu, namun dalam rangkaian karnaval air tersebut, juga dilakukan atraksi formasi 17 perahu di depan, selanjutnya di susul dengan 8 perahu dan yang teakhir 45 perahu dibelakang.

Kemeriahan semarak karnaval air juga menyajikan permainan tradisional masyarakat Kota Pontianak ditepian Sungai Kapuas yaitu permainan meriam karbit yang terbuat dari batang pohon yang besar. Tak ayal sebanyak 70 meriam karbit secara silih berganti diledakkan untuk memberikan kemeriahan dalam karnaval khatulistiwa di Kota Pontianak, Kalimantan Barat./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *