27 Kepala Desa Dilantik Oleh Bupati Sintang Dipendopo

www.postkotapontianak.com

SINTANG-Rabu Tanggal 26 September 2018. Bupati Sintang Jarot Winarno, melantik 27 Kepala Desa terpilih. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno, Ketua DPRD Jeffray Edward, Forkompinda, OPD, serta seluruh tamu undangan tampak hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati Sintang Jarot Winarno memaparkan dalam sambutannya, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dalam rangka penyelenggaraan otonomi desa sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-ungangan yang berlaku.

Maka dibutuh kan kepemimpinan kepala desa yang menghuni yang memahami kebutuhan desa serta masyarakat sekitarnya, adapun kewenangan yang merupakan hak asal usul desa meliputi menetapkan peraturan desa, menyelanggarakan pemerintahan desa, memiliki pimpinan pemerintahan desa, memiliki kekayaan desa.

Menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan desa memberdayakan masyarakat desa untuk bergotong royong dan berpatisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan dan mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga.

Dikatakan juga proses pemilihan kepala desa telah diatur dalam peraturan undang-undangan dengan mikanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memenculukkan kepala desa yang didukung oleh sebagian besar masyarakat desa oleh karna itu resensi dilaksanakan nya pemilihan kepala desa adalah mencari pemimpin yang mampu mengemban amanat terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa, disisi lain desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin komplek serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat desa.

Disampaikan juga Para kepala desa terpilih yang kami banggakan, dalam kesempatan ini kami yakin dan percaya serta sangat mengharapkan bahwa kepala desa yang baru dilantik hari ini mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam hal, bekerja lah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan sejak hari dengan hingga (6) enam tahun kedepan, serta sangat tergantung pada kinerja saudara sebagai kepala desa, sebagai unsur pemerintahan desa, kepala desa dan BPD merupakan mitra untuk itu saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD  sekaligus bersinergi dengan tetap dan trus melakukan kordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan melaksanakan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan desa. Terakhir Senantiasa menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakatan desa secara keseluruhkan sehingga akan  mendorong terwujud nya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka terwujudnya masyarakat yang cerdas sehat maju serta religius dan sejahtera.

(pewarta : Yefta k. LMB Group)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *