260 Bintara Remaja Dilantik Kasdam XII/Tpr

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Singkawang, Sabtu (22/2/20) – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh melantik 260 Bintara lulusan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Tahun Anggaran 2019 di Lapangan Sapta Marga, Rindam XII/Tpr. Para Bintara Remaja tersebut dilantik setelah selesai melaksanakan pendidikan Secaba selama 20 minggu.

Pelantikan diawali dengan pernyataan penutupan Pendidikan Pertama Bintara 2019 oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh. Dilanjutkan penanggalan tanda pangkat Prajurit Siswa dan pemasangan tanda pangkat Sersan Dua serta pengambilan sumpah.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh membacakan amanat Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur menyampaikan bahwa, Kodam XII/Tpr sebagai Kotama jajaran TNI AD menindaklanjuti kebijakan Pimpinan TNI AD dalam rangka meningkatkan kompetensi personel TNI AD selaras dengan perkembangan IPTEK melalui penataan 10 Komponen pendidikan, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang dilaksanakan secara simultan dan berkesinambungan bagi personel TNI AD serta peningkatan kompetensi Lemdik di TNI AD dalam rangka mewujudkan perkembangan lingkungan Strategis.

Kebijakan tersebut menjadi pedoman Kodam XII/Tpr guna memperoleh calon peserta didik yang terbaik melalui Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA. 2019 dan diharapkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai tuntutan tugasnya sebagai Bintara TNI AD.

“Selama 20 minggu ini, para Bintara telah dididik dengan berbagai ilmu pengetahuan Militer. Keberhasilan yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan dapat dijadikan sebagai motivasi dan momentum dalam menapaki perjalanan pengabdian di lingkungan TNI AD,” ujar Kasdam XII/Tpr.

Kasdam XII/Tpr, mengucapkan selamat kepada para Bintara atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pendidikan. Pendidikan yang telah berhasil mereka tempuh menunjukkan kepada kita semua bahwa, mereka adalah orang-orang yang terpilih dan memiliki mental baja untuk menjadi seorang Prajurit TNI AD.

“Kita semua bangga atas perolehan ini dan saya harapkan kebanggaan ini mampu kalian buktikan dengan sikap dan perilaku nyata pada saat mengikuti pendidikan lanjutan maupun pada saat bertugas nantinya,” kata Kasdam XII/Tpr.

Masih membacakan amanat, Kasdam XII/Tpr menegaskan kepada para Bintara baru agar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh di Lembaga Pendidikan, masih merupakan ilmu dasar yang harus senantiasa terus disempurnakan dan dikembangkan, dengan melanjutkan pendidikan tahap kedua sesuai kecabangan masing-masing.

Perubahan status dari sipil menjadi Bintara TNI AD, membawa konsekuensi logis sebagai awal dari tuntutan tugas yang harus diemban sebagai abdi negara di bidang pertahanan dan sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, kepada TNI, rakyat, bangsa  dan  negara. Begitu juga dengan pengambilan sumpah mutlak dilaksanakan sebagai wujud pengakuan negara terhadap kalian sebagai seorang prajurit TNI AD.

“Sumpah tersebut mengandung makna dan kewajiban bagi seorang prajurit untuk setia secara lahir dan batin kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan juga ketaatan pada  hukum  yang  berlaku serta selalu menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” tukas Kasdam XII/Tpr.

Selain upacara di akhir kegiatan, para Bintara yang baru dilantik juga menunjukkan kebolehannya dalam ilmu bela diri, seni, dan keahlian lainnya.

Turut hadir juga pada acara tersebut Danrindam XII/Tpr, Para Asisten dan Kabalak, Dandim 1202/Skw, Kasbrigif 19/KH, Dandim 1208/Sbs, Kapolres Singkawang, Kasat Pol PP Kota Singkawang dan para orang tua mantan siswa serta para undangan lainnya. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *