200 Ribu Pramuka se-Jatim Ikuti Perkemahan Terbesar di Indonesia

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PROBOLINGGO-200.000 Pramuka tingkat sekolah dasar se-Jawa Timur mengikuti perkemahan yang dibuka semalam di Bumi Perkemahan Nogosaren, Kab Probolinggo, Jawa Timur (6/1/2015). Pembukaan yang berakhir pada pukul 22.00 WIB ini berlangsung meriah. “senengnya mas, bisa lihat anak-anak dari penjuru Jatim disini, saya ingin anak saya aktif  di Pramuka nanti” ujar Yumini warga sekitar sambil menggendong bayinya.

Perkemahan di Probolinggo Jawa Timur.“ Sepertinya ini perkemahan terbesar yang diikuti oleh Pramuka”, ujar Saifullah Yusuf  (Ketua Kwarda Jawa Timur) dalam sambutannya.  Menurut Wakil Gubernur Jatim ini, Pramuka harus pintar, berakhlak baik, rajin ibadah, tangguh, sopan dan terampil. “Generasi Indonesia mendatang akan lebih baik, dan adik-adik Pramuka disini menjadikan kita semua semakin optimis”, ungkap Gus Ipul disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu Kak Suriyadi, Wakil Ketua Kwartir nasiobal (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyampaikan bahwa perkemahan ini menumbuhkan saling pengertian antar generasi seangkatan. Kwarda Jatim menanamkan berbagai nilai-nilai luhur kepramukaan melalui kegiatan yang sangat menarik ini. “20 tahun lagi, adik-adik ini berusia 30-an, di tahun 2035 itulah mereka akan jadi manusia-manusia kebanggaan Indonesia, bahkan dunia” ujarnya bersemangat.

Hadir  juga dalam pembukaan kegiatan tersebut Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo), Timbul Prihanjoko (Ketua Kwarcab Kab Probolinggo). “Ini juga ajang promosi bagi Probolinggo, kami senang Tari Gelipang khas Probolinggo ditampilkan”  ujar Puput.

Nampak juga beberapa ketua Kwarcab dan pengurus Pramuka dilingkungan Kwarda Jawa Timur. Sementara dari Kwarnas Gerakan Pramuka hadir andalan nasional, artis Olivia Zalianty dan Hariqo Wibawa Satria.  Warga sekitar juga mendirikan berbagai warung menyambut berbagai kontingen yang datang.

Kak Sunyoto Hadi Prayitno, Sekretaris Kwarda Jatim yang ditemui sebelum acara menjelaskan bahwa ini konsep baru perkemahan. Perkemahan ini diadakan serentak dan maraton di 38 Kota/Kab se Jawa Timur. Dalam “East Java Scouts Challenge 2015″ ini Peserta akan diuji kecakapan, keberanian, kekompakan dengan berbagai tantangan yang menyenangkan. “Acara ini sekaligus, menguji kualitas koodinasi antar sesama Kwarcab, dan saya optimis pada penutupan di Gresik nanti kita semua akan bangga”, tutup pria yang biasa dipanggil Kak Nyoto ini. (Hariqo Wibawa Satria)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *