13.422 KPM Mempawah Tercatat DTKS SIKS NG Kemensos RI Terima BST

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH ! Kantor Dinas Sosial, PPPA, PM dan Pemdes Kabupaten Mempawah. Bidang Sosial akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebanyak 13.422 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Mempawah yang tercatat dari DTKS SIKS NG. Penyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap awal kepada KPM akan menerima sejumlah uang senilai Rp. 600.000.-/bulan. Minggu (10/05/2020)

Kepala bidang Sosial Heru Agung YA, saat dijumpai mengatakan, “Bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST), berjumlah 13.422 KPM Mempawah yang tercatat di DTKS SINKS NG di Kemensos RI untuk tahap awal. Dan kami sudah kirimkan kepada warga yang memiliki NIK akurat dengan rekening tabungan. Sedangkan data kami sejumlah 1.154 KPM Penerima yang sudah memiliki, serta dananya sudah di Top Up Kemensos RI kepada rekening penerima,”

“Bagi penerima BST yang tidak memiliki rekening bank maka penyalurannya melalui Kantor Pos. Untuk tahap pertama ini, penyaluran melalui Kantor Pos sebanyak 7.723 KPM. Saat sekarang pihak Pos sudah melakukan pencetakan kartu pemberitahuan kepada penerima, insya allah kako tidak ada halangan, bulan ini bisa terlaksana.” Ujar Heru Agung YA.

“Pihak kami juga sampikan data penerima BST sebanyak 13.422 KPM yang tercatat di DTKS SIKS NG Kemensos RI kepada Kantor Desa dan Kelurahab di kabupaten Mempawah tertanggal 19 April 2020, dan kami pinta kepada mereka untuk verifikasi data ulang setetelah selesai diserahkan kembali kepada kami di bidang sosial. Tercatat hasil verifikasi ada 12.594 KPM yang sudah ada ke SIKS NG pada tanggal 6 Mei 2020.” Jelas Heru Agung YA

“Data yang tidak valid akan diganti dengan KPM baru. Kemensos memberikan waktu sampai besok (Senin, 11/05/2020) untuk mengirimkan perbaikan data penerima bansos yang menurut SIKS NG tidak valid. Seandainya ada KPM meninggal, pindah atau kategori mampu, maka bisa di verval datanya dan dihentikan pembayaran bulan selanjutnya,” tegas Heru Agung YA.

Saat ini, imbuh Heru, pihaknya masih menunggu hasil perbaikan data yang dilakukan desa dan kelurahan di Kabupaten Mempawah. Penetapan data KPM BST ini merupakan data diluar dari program bansos lain seperti PKH, Sembako, BLT dan lainnya.

“Kami minta kepada pihak Kelurahan dan Desa serta penerima BST, bisa kerjasama dalam penerimaan ini, tidak boleh double dengan segmen bansos lain. Supaya proses verifikasi data dilakukan secara maksimal agar penyalurannya tepat sasaran. Kepada para KPM yang akan mendapatkan Bantuan Sosial Tunai disampaikan, penerimaan BST itu untuk bulan April, Mei dan Juni tahun 2020. Untuk bulan berikutnya kami belum bisa sampaikan karena masih menunggu petunjuk dari Kementerian Sosial RI.” Jelas Heru Agung YA.(De’res)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *