1 Juli 2020 Pendopo Kampung Tangguh Nusantara dan Kampung Lihai di Desa Antibar Diresmikan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – – Warga masyarakat gelar syukuran yang merupakan tradisi karena telah berdirinya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai, acara ini bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke 74 Polres Mempawah, dimana letak bangunannya di Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur kabupaten Mempawah. Rabu (01/07/2020).

Kepala Desa Antibar Julkarnaidi katakan atas nama warga Desa Antibar mengucapkan selamat Hari Bhayangkara yang ke 74 dan ucapan terima kasih tak terhingga atas diberi kepercayaan dibangunnya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai oleh Polres Mempawah, selain itu juga kepada Bupati Mempawah Hj. Erlina SH., MH., yang telah hadir dan meresmikan pendopo tersebut, serta kehadiran tamu undangan Wakil Ketua DPRD Mempawah Sayuti, ST,MP ., Kapolres Mempawah AKBP. Tulus Sinaga, Kasdim 1201/Mph Mayor.Inf. Andreas, Kajari Mempawah Anthony Setiawan SH, Ketua Pengadilan Negeri Mempawah Putu Ayu S, SH MH., Perwira Jajaran Polres Mempawah, Kapolsek se-Kabupaten Mempawah, Pemuka Masyarakat Desa Antibar, BPD Desa Antibar dan semua yang sudah ikut membantu penyelesaian pendopo ini.

“Semoga dengan diresmikannya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai ini dapat memotivitasi warga Desa Antibar guna menciptakan Desa Mandiri, Tangguh, Lincah, Indah, Harmoni, Aman dan Inisiatif, di berbagai aspek, sekaligus perkenalkan potensi desa untuk masyarakat luar,” Ucap Kades Antibar.

Kepala Desa Antibar, Julkarnaidi, menjelaskan, pendopo desa ini merupakan upaya Polres Mempawah untuk menggandeng masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas. Dan yang tak kalah penting, tambahnya, bagaimana masyarakat didorong untuk selalu bergotong royong dalam mencegah penyebaran Covid-19, menjaga ketahanan pangan lokal, melestarikan kearifan lokal dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan sarana pendidikan yang memadai.

“Dengan berdirinya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai ini, sebagai wadah bagi masyarakat Desa Antibar yang dibangun dengan kebersamaan dan gotong royong. Dengan dibangun pendopo ini sebagai tempat pendidikan lokal, pembangunan pendidikan dan pengadaan, serta pembangunan pendidikan bersama elemen masyarakat, warga Desa Antibar bersama Polres Mempawah untuk mengembangkan pusat kegiatan dalam upaya sebagai informasi penanganan, pencegahan, dan antisipasi wabah pandemic Covid-19, penguatan lingkungan, peningkatan ekonomi, ketahanan ekonomi dan ketahanan sosial, yang mana kesemuanya itu adalah protokol kesehatan menuju kehidulan baru atau New Normal Life yang akan diberlakukan oleh pemerintah,” ungkap Julkarnaidi.

Lanjutnya, Desa Antibar memiliki lima jalur masuk yang berbatasan dengan desa lain. Namun untuk saat ini, pihaknya terlebih dahulu akan membangun dua pendopo. Dan sebagai miniatur potensi desa, di pendopo akan memerlukan seluruh hasil pertanian, perkebunan dan potensi-potensi lainnya.

“Peringatan HUT Bhayangkara ke 74 sangat istimewa bagi warga Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur, bertepatan tanggal 1 Juli, Pendopo Kampung Tangguh Nusantara dan Kampung Lihai di Desa Antibar, diresmikan oleh Bupati Mempawah, dengan slogan LIHAI yang Positif, berarti Lincah, Indah, Harmoni, Aman dan Inisiatif, terletak di jalur pintu masuk Desa Antibar, akan menjadi sentral koordinasi dan komunikasi dalam pengembangan desa mandiri. Dengan harapan agar Pemerintah Kabupaten Mempawah lewat lintas OPD mendukung dengan program masing-masing sebagai penunjang Desa Mandiri,” jelas Kades Antibar julkarnaidi.

Bupati Mempawah, Hj. Erlina SH., MH., menyambut baik atas berdirinya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai. Mengucapkan terima kasih atas inisiasi Kapolres Mempawah AKBP. Tulus Sinaga SH., Wakapolres Kompol. Jovan Reagan Sumual beserta anggota Polres Mempawah yang menggalang aktif masyarakat Desa Antibar hingga bisa mendirikan Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai yang nantinya kedepannya sebagai sentral kegiatan masyarakat menuju Desa yang tangguh dan mandiri

“Kepada semua pihak yang telah mendukung berdirinya pendopo Kampung Tangguh Nusantara Antibar Kampung Lihai ini. Termasuk Camat, jajaran Muspika, kepala desa serta seluruh elemen dan masyarakat Desa Antibar. Diucapkan terima kasih semoga ini bisa berjalan sesuai yang diinginkan,” ucap bupati Mempawah.

“Kepala Desa Antibar Julkarnaidi, perlu dicontoh oleh Kades lain di Kabupaten Mempawah, dengan harapan dapat terus berinovasi dalam membangun Desa Antibar agar semua program yang direncanakan terlaksana optimal,” ucap Bupati Mempawah Hj. Erlina SH., MH.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *