Yayasan Bhakti Suci Siap Meriahkan Cap Go Meh Kota Pontianak

Kemeriahan Cap Go Meh Di Kota Pontianak, Mulai Tampak Dibilangan Jalan Diponegoro. / foto : Hendri Wjs
Kemeriahan Cap Go Meh Di Kota Pontianak, Mulai Tampak Dibilangan Jalan Diponegoro. / foto : Hendri Wjs

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK – PostkotaPontianak.com !! Persiapan puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak, yang jatuh pada Tanggal 20 – 22 Februari 2016 mendatang, kemeriahan mulai terlihat di Jalan Diponegoro, tampak berdiri kokoh gerbang oriental yang menonjolkan ciri khas warna merah dengan motif tulisan kaligrafi Cina.

Sejatinya Jalan Diponegoro merupakan lokasi khusus yang diizinkan oleh Walikota Pontianak untuk menggelar Pekan Promosi, Kuliner dan Panggung Hiburan dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

“Kita sangat berterima kasih kepada Walikota Pontianak Sutarmidji yang sangat mendukung penuh perayaan Cap Go Meh, namun Walikota juga menekankan agar perayaan Cap Go Meh tidak melibatkan suku lain, karena ini adalah perayaan khas warga Tionghoa, dengan tanpa campur tangan suku lain maka perayaan Cap Go Meh lebih khas untuk dinikmati oleh masyarakat, ” terang Rico, selaku Ketua Panitia Cap Go Meh 2567 Kota Pontianak, saat ditemui di Sekretariat Yayasan Bhakti Suci Pontianak.

Menurut Rico, sudah tiga tahun ini perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak tidak lagi melibatkan suku lain, dan hanya menampilkan ciri khas dari Tionghua.

“Seperti yang dikatakan Walikota jika untuk menampilkan ke khasan semua suku di Indonesia tidak harus dalam perayaan Cap Go Meh, namun bisa pada saat acara 17 Agustus, 28 Oktober atau Ulang tahun Kota Pontianak, jadi untuk Cap Go Meh harus dijadikan khusus warga Tionghua yang terlibat, ” katanya.

Untuk program kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2567, lanjut Rico mengatakan, Yayasan Bhakti Suci Pontianak akan menyelenggarakan beberapa kegiatan yang diantaranya pembukaan pekan promosi dan kuliner 2016 dan panggung hiburan kesenian pada Rabu siang (17/2/16) di Jalan Diponegoro yang akan di buka oleh Walikota Pontianak.

“Untuk tanggal 20 – 22 Februari akan diadakan prosesi ritual buka mata naga sebanyak 14 ekor naga yang akan dibuka oleh Ketua Umum Yayasan Bhakti Suci, ” jelas Rico.

Lebih jauh dikatakannya, pada tanggal 22 Februari  akan diadakan ritual naga tutup mata dan upacara pembakaran naga pada pukul 17.00 di Tempat Pemakaman Umum Yayasan Bhakti Suci, yang berada di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

“Ritual pembakaran naga juga menjadi ritual sakral dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh, dan semua naga harus dibakar jika perayaan Cap Go Meh sudah selesai, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *