Wisata Alam Air Terjun Gunung Sumpit

Air Terjun Gurung Sumpit Sekadau./ foto : Ms-Postkotapontianak.com
Air Terjun Gurung Sumpit Sekadau./ foto : Ms-Postkotapontianak.com

SEKADAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Air Terjun Gurung Sumpit, terletak di Desa Sumpit Kecamatan Belitang Hilir atau Sugayak Kabupaten Sekadau. Jarak tempuh dari Sungai Ayak sampai ke lokasi, kurang lebih 20 Km. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua dan roda empat dan jalan kaki jika mampu, kata Joni Sehatibuan

Ketinggian air terjun tersebut 50 meter. Keunikan air terjun ini adalah di dinding bagian tepi air terjun tersebut ada terdapat gua yang menjorok ke dalam yang disebut gua Ratu Kudung, konon sebagai tempat bertapa Ratu Kudung dari Kerajaan Sekadau. Yang mana menurut kepercayaan masyarakat sekitar terowongan dalam goa ini bisa membawa kita tembus langsung ke objek wisata alam, Goa Lawang Kuari.

Berikut penampakan air terjun yang sangat fenomenal di kecamatan Belitang tersebut. Untuk bisa sampai ketempat wisata ini, anda perlu menyiapkan uang minimal untuk makan dan minum. hal ini disebabkan akses ke tempat wisata cukup jauh sekali.

Berikut saya akan coba rincikan rute perjalanan sekaligus estimasi biayanya. Dari kota sekadau, anda bisa menempuh perjalanan mobil maupun motor menuju Desa Gonis Tekam (simpang Sungai Ayak), Jarak yang ditempuh sekitar 20KM. Dari simpang ini, anda harus menempuh perjalanan sepeda motor sekitar 10KM untuk bisa sampai ke penyebrangan motor air, desa Sungai Ayak.

Anda harus menyebrang dari sini, biaya penyebrangan satu unit sepeda motor dan 2 orang adalah sebesar Rp.10 000(per motor. Nah, setelah menyebrangi sungai ini, anda harus menempuh perjalanan sepeda motor lagi sekitar 20Km.

Untuk anda yang ingin berwisata kesana, diharapkan membawa perbekalan yang cukup, dikarenakan daerah ini jauh dari rumah makan nasi Padang. yang ingin anda kunjungi lumayan terpencil dan jauh dari pusat keramaian kota.(MS)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *